Ulfa, Maria (2022) Hubungan Antara Pola Interaksi Keluarga Dan Perilaku Belajar Anak Di SMP Negeri 2 Bojonegara Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Maria Ulfa, NIM: 161210033, Judul Skripsi: Hubungan Antara Pola Interaksi Keluarga Dan Perilaku Belajar Anak Di SMP Negeri 2 Bojonegara Kabupaten Serang. Proses belajar anak di mulai dari keluarga dan lingkungan sekitar termasuk lingkungan sekolah. Belajar merupakan proses perubahan perilaku menuju perbaikan. Proses belajar akan dikatakan berhasil ketika anak mampu beradaptasi dan berperilaku dengan baik dalam lingkungan sekitarnya. Perwujudan perilaku belajar itu sendiri dapat dilihat pada kebiasaan, sikap, dan keterampilan anak. Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang “Hubungan Antara Pola Interaksi Keluarga Dan Perilaku Anak Di SMP Negeri 2 Bojonegara Kabupaten Serang” dan masalah yang di teliti adalah: 1. Bagaimana pola interaksi keluarga, 2. Bagaimana perilaku belajar anak di SMP N 2 Bojonegara Kabupaten Serang. 3. Bagaimana hubungan antara pola interaksi keluarga dan perilaku belajar anak, tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pola interaksi keluarga, 2. Untuk mengetahui perilaku anak di SMP N 2 Bojonegara Kabupaten Serang. 3. Untuk mengetahui hubungan antara pola interaksi keluarga dan perilaku belajar anak, manfaat penelitian ini adalah: 1. Memberikan sumbangan pemikiran dalam mengembangkan keilmuan pendidikan Agama Islam, 2. Menambah wawasan penulis mengenai nilai pendidikan islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa orang tua dalam memberikan pendidikan di rumah sudah memiliki caranya masing-masing dan proses perkembangan anak di rumah sangat mempengaruhi berilaku belajar anak di sekolah. Perilaku belajar anak di sekolah merupakan hasil dari kebiasaan, keterampilan dan penanaman tanggung jawab anak pada saat di rumah. Setiap anak memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, namun sekolah juga bertanggung jawab atas perilaku belajar anak selama di sekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Interaksi Keluarga dan Perilaku Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jan 2022 01:44 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jan 2022 01:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8094 |
Actions (login required)
Lihat Item |