Pengembangan Media Pembelajaran Berbahan Plastik Bekas Pakai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Sistem Peredaran Darah

Hamami, Hadi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbahan Plastik Bekas Pakai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Sistem Peredaran Darah. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (116kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (122kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (128kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (285kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (354kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (32kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Hadi Hamami, NIM: 161240034, Judul Skripsi: Pengembangan Media Pembelajaran Berbahan Plastik Bekas Pakai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Sistem Peredaran Darah Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi belajar siswa dan kurangnya keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kelayakan media IPA dari bahan bekas pakai, 2) Mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan media dari bahan bekas pakai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Brog and Gall, Metode yang digunakan dalam penelitian ada 5 tahap yaitu 1) Penelitian pengumpulan data, 2) Desain produk, 3) Validasi Data, 4) Revisi Desain, 5) Uji Coba Produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kels V SD Negeri Cilayang2 yang berjumblah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran adalah lembar penilaian berupa angket respon guru dan angket respon siswa. Proses pengembangan media merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan motivasi belajar, untuk memilih media yang tepat seorang guru perlu mempertimbangkan berbagai landasan agar media yang dipilih benar- benar sesuai dengan tingkat pemahaman, kemampuan berfikir logis, dan kondisi sosial siswa. Hasil pengembangan media pembelajaran dari bahan bekas ini telah diuji oleh ahli media dan ahli materi, berdasarkan uji kevalidan yang dilakukan oleh validator dapat dinyatakan layak digunakan dengan rata-rata nilai 85- 95% . Pada hasil uji coba penelitian ini siswa dapat mempraktikkan media dengan baik dan layak, hal tersebut ditunjukan pada hasil analisis pengukuran motivasi belajar siswa dengan rata-rata nilai 83,3-93,3. Dengan adanya peningkatan motivai belajar yang diketahui, Hal ini menandakan media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran sehingga bisa dikatakan media pembelajaran berbahan plastik bekas pakai layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Motivasi belajar, Plastik Bekas
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 28 Jan 2022 03:13
Perubahan Terakhir: 28 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8080

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.