Isnaeni, Muhamad (2022) Implementasi Nilai-nilai Kepesantrenan menuju Tafaqquh Fiddin (Studi pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Budi Utama Panimbang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Muhamad Isnaeni. NIM : 172012103 judul tesis : Implementasi Nilai-nilai Kepesantrenan menuju Tafaqquh Fiddin (Studi pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Budi Utama Panimbang). Program Pascasarjana S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun 2021. Pembangunan karakter dan pengembangan akhlak mulia terutama pada penerapan nilai-nilai kepesantrenan, hal ini yang belum menunjukkan keunggulan dalam mencetak generasi siswa SMK Budi Utama Panimbang, oleh karenanya internalisasi melalui pembelajaran, praktek keagamaan, dan prilaku dapat mewujudkan tafaquh fiddîn pada siswa. Tujuan penelitian ini : 1) untuk menemukan nilai-nilai kepesantrenan yang dapat dikembangkan di Sekolah Menengah Kejuruan 2) untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai kearifan pesantren pada proses pembelajaran dalam membentuk tafaquh fiddin 3) untuk mengetahui penilaian proses pembiasaan dengan nilai-nilai kepesantrenan dalam membentuk tafaquh fiddin di Sekolah Menengah Kejuruan Budi Utama Panimbang. Metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data, peneliti menggunakan waktu sekitar empat bulan (Agustus - November), penelitian ini dirancang menggunakan studi kasus. Dalam mengumpulkan informasi dari informan, baik tertulis maupun secara lisan, peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara mendalam terhadap sepuluh orang informan yang terdiri dari empat orang guru dan enam orang peserta didik, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan selama penggalian data di lapangan dan setelah data terhimpun. Hasil penelitian ini, 1) nilai kepesantrenan meliputi kedisiplinan, tanggungjawab, kesederhanaan, serta kemandirian. 2) Penerapan kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler, tanggungjawab melalui praktek keagamaan, kesederhanaan melalui pembiasaan sehari-hari serta bersikap mandiri melalui pembinaan ketaatan. 3) Implementasi dengan proses internalisasi nilai-nilai kepesantrenan untuk mewujudkan tafaquh fiddîn yang mudah untuk dilakukan dan termanifestasikan melalui cara berfikir, berkata, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai agama, sehingga dalam kehidupan nyata dapat mengembangkan kemampuan siswa dari berbagai akidah, ibadah dan amaliyah, sehingga pengamalan sekolah dan “nyantren” sinergis dan bisa terwujud sekaligus mampu mengaktualisasikan konsep nilai kepesantrenan kepada pengamalan hidup siswa sehari-hari baik di lingkungan sekolah, pesantren ataupun masyarakat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi, Nilai-nilai Kepesantrenan, Tafaquh fiddîn |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 03 Jan 2022 08:15 |
Perubahan Terakhir: | 03 Jan 2022 08:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7848 |
Actions (login required)
Lihat Item |