Teknik Storytelling dalam Mengenalkan Moral pada Anak (Studi di Kampung Bojong Kacang, Kabupaten Pandeglang-Banten)

Ruminah, Ruminah (2021) Teknik Storytelling dalam Mengenalkan Moral pada Anak (Studi di Kampung Bojong Kacang, Kabupaten Pandeglang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1.COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (375kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (468kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (255kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (171kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (416kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (218kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi moral anak di Kampung Bojong Kacang, untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik storytelling dalam mengenalkan moral pada anak dan untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan teknik storytelling dalam mengenalkan moral pada anak. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 5 orang 3 perempuan dan 2 laki-laki yang berusia 6-8 tahun. Teknik storytelling dilakukan dengan beberapa tahapan; tahapan awal, tahap pertengahan, tahap peralihan, dan tahap pengakhiran. Melalui penerapan teknik storytelling ini cukup efektif digunakan dan bisa dilihat dari kemampuan responden untuk merubah tingkah laku yang awalnya selalu melakukan hal-hal yang buruk seperti sering berkata kasar dan jorok, sering berkelahi dan sering memaki-maki orang tua dengan kata-kata kasar. Setelah mendapat proses konseling terhadap lima responden, terdapat perubahan tingkah laku pada masing-masing responden. Namun ada dua orang responden yang masih melakukan tingkah laku yang sama sebelum di konseling.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik Storytelling, Moral
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 24 Des 2021 03:48
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 04:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7813

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.