Peran Orang Tua dan Guru PAI Dalam Membina Self Control Siswa (Studi Kasus di SMPN 4 Pandeglang)

Ruhiyat, Ahmad Panji (2021) Peran Orang Tua dan Guru PAI Dalam Membina Self Control Siswa (Studi Kasus di SMPN 4 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (490kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (369kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (636kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (495kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (430kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masa remaja (adolescense) adalah masa peralihan dari anbak-anak menuju dewasa mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik, oleh karena itu pada masa ini adalah masa yang penuh kesukaran dan persoalan bukan hanya bagi remaja itu sendiri, tetapi juga bagi orang tua, guru, dan masyarakat sekitarnya. Tugas-tugas perkembangan masa remaja pada umumnya berkenaan dengan pencapaian dan persiapan memasuki kehidupan (fase) berikutnya. Pada masa remaja tepatnya mas pubertas. Remaja mengalami masa-masa sulit, shingga diperlukan suatu upaya untuk dapat mengontrol diri dari perbuatan yang negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dan guru dalam membina self control pada siswa. Teori yang digunakan ialah teori peranan. Perspektif dasar teori ini adalah bahwa tingkah laku dibentuk oleh peranan-peranan yang diberikan oleh masyarakat bagi individu-individu untuk melaksanakannya. Serta teori interaksi sosial. Menurut Goffman bahwa salah satu aturan dasar interaksi sosial adalah komitmen yang saling timbal balik diantara individu-individu yang terlibat mengenai peran (role) yang harus dimainkannya. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMPN 4 Pandeglang. Sebagai sampel penelitian adalah murid kelas VIII yang diambil 3 kategori berdasarkan prestasi, kedisiplinan, dan prilaku di sekolah pada tiap kelasnya, yaitu High, Midle, Low, sampel berikutnya adalah orang tua dari murid yang diteliti, dan guru PAI di SMPN 4 Pandeglang. Dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kebenaran teori dengan fakta yang terjadi di lapangan, yaitu siswa yang tergolong pada kategori Lowtidak mendapatkan peranan dari orang tuanya, ada yang karena faktor bercerai, tinggal dengan kakek atau nene, tinggal di pondok pesantren, dan lain-lain. Dalam penelitian ini pihak-pihak yang berkontribusi antara lain : Guru PAI SMPN 4 Pandeglang, Siswa/i Kelas VIII SMPN 4 Pandeglang, dan Orang Tua murid Kelas VIII SMPN 4 Pandeglang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Orang Tua, Guru PAI, dan Self Control
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Des 2021 01:19
Perubahan Terakhir: 16 Des 2021 01:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.