Implementasi Nilai-nilai Moderasi Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Bismilah Padarincang Kabupaten Serang

Mirojudin, Mirojudin (2021) Implementasi Nilai-nilai Moderasi Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Bismilah Padarincang Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1.COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (447kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (449kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (404kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (314kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mirojudin, NIM 161210065, judul Skripsi Implementasi Nilai-nilai Moderasi Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Bismilah Padarincang Kabupaten Serang Kajian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kelompok keagamaan yang sangat ekstrim, baik ekstrim kanan maupun ekstrim kiri. Hal semacam ini bila dibiarkan begitu saja dapat berdampak pada pemikiran yang radikal di satu sisi dan liberal di sisi lain. Penataan kembali pendidikan ini harus dilakukan dengan sungguh untuk memutus mata rantai ektrimisme dan radikalisme pemahaman islam ini dengan menghadirkan pendidikan islam yang moderat dengan konsep rahmatal lil alamin dengan pendekatan-pendekatan uswatun hasanah. Dan menghindari cara-cara yang dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data dengan 3 langkah metode yaitu: Obervasi, wawancara, dan dokumentasi, Adapun analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun langkah-langkahnya yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Pengambilan Kesimpulan/Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai-nilai Moderasi yang diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Bismillah terdapat dalam proses penyampaian materi yang diberikan kepada peserta didik dengan mengintegrasikan antara materi yang diajarkan dengan hasil penelitian sains dan teknologi agar siswa tidak hanya melihat dari satu sisi saja dalam berfikir ataupun bertindak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi Nilia-nilai Moderasi Pendidikan Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Des 2021 03:53
Perubahan Terakhir: 10 Des 2021 03:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7749

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.