Konseling Kelompok dengan Penerapan Art Therapy untuk Mengurangi Stres Belajar pada Remaja Awal dimasa Pandemi, (Studi di Kampung Pondok Kahuru Desa Pondok Kahuru Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang)

Hadisusana, Nur Habibah (2021) Konseling Kelompok dengan Penerapan Art Therapy untuk Mengurangi Stres Belajar pada Remaja Awal dimasa Pandemi, (Studi di Kampung Pondok Kahuru Desa Pondok Kahuru Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (135kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (408kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (336kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (327kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (328kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA dll.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (505kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pada masa remaja, kelompok atau individual dikenal memiliki ketidakstabilan dalam emosinya masa remaja juga merupakan masa pertentangan dan pemberontakan, karena pada masa remaja ini menunjukkan gejala stres yang sangat menonjol dan sering dikatakan belum matang. Hal ini tampak pada perilaku remaja yang tidak stabil, mudah stres belajar dalam masa pandemi, karena pemikiran dan perhatiannya berpusat pada dirinya sendiri. Hal ini menyebabkan anak remaja di Kampung Pondok Kahuru merasakan tekanan sehingga mengakibatkan stres belajar yang mengganggu aktivitas sebagai pelajar. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana stres yang dialami oleh remaja awal di Kampung Pondok Kahuru. 2) Apakah konseling kelompok dengan penerapan art therapy terhadap stres belajar remaja awal di Kampung Pondok Kahuru. 3) Dapat mengetahui faktor penghambat dalam penerapan art therapy terhadap stres belajar remaja awal di Kampung Pondok Kahuru. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui stres yang dialami oleh remaja awal di Kampung Pondok Kahuru. 2) Untuk menerapkan art therapy terhadap stres belajar remaja awal di Kampung Pondok Kahuru. 3) Untuk mengetahui faktor dan penghambat dalam penerapan art therapy terhadap stres belajar remaja awal di Kampung Pondok Kahuru Metode penelitian ini menggunakan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan penanganan dalam masalah ini dilakukan pendekatan konseling kelompok dengan penerapan art therapy dan tekniknya menggunakan mindfulness exercise. Faktor-faktor yang mempengaruhi stres belajar pada remaja awal di masa pandemi yaitu: faktor sinyal yang buruk, tidak adanya sosialisasi belajar secara daring (dalam jaringan), beberapa responden yang tidak mempunya leptop, ekonomi keluarga yang menurun, kecenderungan gadget, malas belajar, keramaian suara kendaraan di jalan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): stres belajar, art therapy, anak remaja awal
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Des 2021 03:45
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7747

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.