Asih, Nia Sekar (2021) Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Mengatasi Kecemasan Belajar (Studi Pada Remaja Awal di RT 06/RW 09 Komplek Pendidikan Rangkasbitung Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nia Sekar Asih, NIM 171210126. Judul Skripsi: Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Mengatasi Kecemasan Belajar (Studi Pada Remaja Awal di RT 06/RW 09 Komplek Pendidikan Rangkasbitung Lebak) Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui pembiasaan tadarus Al-Qur’an di masa pandsemi Covid-19 pada remaja awal di RT 06/RW 09 Komplek Pendidikan Rangkasbitung Lebak. 2) mengetahui bagaimana kecemasan belajar pada remaja awal di RT 06/RW 09 Komplek Pendidikan Rangkasbitung Lebak pada masa pandemi Covid-19. 3) mengetahui pembiasaan tadarus Al-Qur’an di masa pandemi Covid-19 dalam mengatasi kecemasan belajar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tipe deskriptif. Informan penelitian adalah ustadz dan 10 remaja awal. Instrumen penelitian peneliti mencakup pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa pembiasaan tadarus Al-Qur’an pada masa pandemi Covid-19 tetap dilaksanakan seperti biasa sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelum adanya pandemi, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Akibat pandemi Covid-19, banyak peserta didik khususnya remaja awal yang mengeluh kesulitan memahami pelajaran sehingga menyebabkan terjadinya kecemasan belajar dengan gejala-gejala berupa: 1) gejala fisik, yaitu gelisah, bingung dan panik, tegang ketika mengerjakan tugas, sakit kepala, gugup (telapak tangan berkeringat dan jantung berdebar-debar); 2) gejala kognitif, yaitu khawatir, takut tidak bisa memahami pelajaran, pesimis; 3) gejala behavioral, yaitu bersikap acuh terhadap tugas, tidak mau mengerjakan tugas, mudah marah dan menghindari hal-hal yang tidak disenanginya. Tadarus Al-Qur’an sebagai solusi mengatasi kecemasan belajar memberi perubahan terhadap kondisi psikologis yang dirasakan para remaja awal, diantaranya dapat memperbaiki mood (suasana hati), menentramkan hati, menjernihkan pikiran, meningkatkan konsentrasi belajar, dan lain sebagainya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an, Kecemasan Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 07 Des 2021 03:25 |
Perubahan Terakhir: | 07 Des 2021 03:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7720 |
Actions (login required)
Lihat Item |