Azizi, Nur Azkya (2021) Perlindungan Konsumen Terhadap Jasa Layanan Angkutan Umum Menurut UU Nomor 8 Tahun 1999 (Studi di PT. Bulan Jaya Purnama Cikupa-Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (164kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (338kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (374kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (379kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (287kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (10kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Nur Azkya Azizi, NIM: 131300669, Judul Skripsi: ”Perlindungan Konsumen Terhadap Jasa Layanan Angkutan Umum Menurut UU Nomor 8 Tahun 1999 (Studi di PT. Bulan Jaya Purnama Cikupa-Tangerang). Angkutan merupakan sarana untuk memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lain yang dikehendaki, atau mengirim barang dari tempat asal ke tempat tujuan. Di era modern seperti sekarang ini masyarakat sangat tergantung dengan angkutan umum bagi pemenuhan kebutuhan mobilitasnya, masyarakat yang masih tergantung dengan angkutan umum tidak diimbangi dengan penyedia angkutan umum yang memadai, terutama ditinjau dari kapasitas angkut sehingga akibatnya hampir semua angkutan umum yang tersedia terisi penuh dan sesak oleh penumpang. Hal ini menyebabkan para penumpang dalam memakai jasa angkutan umum terkadang kurang nyaman karena konsidi angkutan umum yang penuh dan sesak oleh penumpang. Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka penulis memberikan perumusan masalah, yaitu: bagaimana pelaksanaan Standar Operasional Prosedur jasa angkutan umum di PT. Bulan Jaya Purnama?; Bagaimana tanggung jawab PT. Bulan Jaya Purnama atas resiko kecelakaan terhadap konsumen di tinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen?; dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan jasa angkutan umum pada PT. Bulan Jaya Purnama?Berkenaan dengan perumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Standar Operasional Prosedur jasa angkutan umum di PT. Bulan Jaya Purnama, untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tanggung jawab PT. Bulan Jaya Purnama atas resiko kecelakaan terhadap konsumen di tinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen, dan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan jasa angkutan umum pada PT. Bulan Jaya Purnama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data-data yang diperlukan. Teknik yang digunakan oleh penulis dalam pengumpulan data yaitu: studi survey dalam arti penulis mencari informasi secara langsung terhadap objek penelitian yang berkaitan dengan masalah yang penulis rumuskan, dengan instrument observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah adalah analisis data kualitatif induktif. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat disimpulkan: Pelaksanaan SOP yang dilaksanakan oleh PT. Bulan Jaya Purnama telah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 terutama tentang pemenuhan 9 kewajiban pada kosumen atau hak konsumen dan lebih lanjut melakasanakan kewajiban pasal 7 di Undang-Undang tersebut mengenai kewajiban pelaku usaha. Pertanggung jawaban yang dilakukan PT. Bulan Jaya Purnama dalam mengatasi kecelakaan yang terjadi di angkutan umumnya yaitu menyelesaikan dengan cara kekeluargaan. Adapun untuk ganti rugi biaya pengobatan dan biaya rumah sakit yang dikeluarkan, pihak PT. Bulan Jaya Purnama membiayai tergantung dari luka yang dialami oleh penumpang. Biasanya untuk biaya rumah sakit PT. Bulan Jaya Purnama hanya mengeluarkan setengah dari biaya keseluruhannya dan sisanya akan ditanggung oleh Jasa Raharja. Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan jasa angkutan umum pada PT. Bulan Jaya Purnama telah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah diatur dalam Undang-Undang dan Hukum Islam. Dimana PT. Bulan Jaya Purnama menerapkan SOP yang tidak bertentangan dengan syariat Islam terutama masalah pelayanan dan pelaksanaan jasa angkutan umum dan tidak adanya unsur pelanggaran daam syariat Islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum |
Divisi: | Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Nov 2021 06:48 |
Perubahan Terakhir: | 11 Nov 2021 06:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7468 |
Actions (login required)
Lihat Item |