Rohemah, Siti (2021) Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19 (studi kasus di SMPN 1 Cibadak). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Siti Rohemah. NIM 171210010. Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19 (studi kasus di SMPN 1 Cibadak) Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya sistem pembelajaran daring yang disebabkan oleh munculnya wabah Covid-19 yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah secara online dalam jangka waktu yang tidak di tentukan sehingga hawatir berdampak pada minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran PAI oleh karena itu peran Guru sangat penting terutama dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Bagaimana peran Guru dalam pembelajaran daring di masa pendemi Covid-19? 2) Bagaimana faktor penghambat serta solusi dalam pembelajaran daring di SMPN 1 Cibadak? 3) Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI selama pembelajaran daring di SMPN 1 Cibadak?. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran Guru dalam pembelajaran daring di masa pendemi Covid-19. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat serta solusi dalam pembelajaran daring di SMPN 1 Cibadak. 3) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI selama pembelajaran daring di SMPN 1 Cibadak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif Jenis studi kasus tujuan utama penelitian studi kasus ini adalah memahami secara keseluruhan suatu kasus. Dalam penelitian ini terdapat sebuah kasus tentang peran Guru dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di masa pendemi Covid-19 di SMPN 1 Cibadak. Simpulanya yaitu peran Guru dalam pembelajaran daring sangat penting terutama dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan adanya peran guru maka minat siswa akan tergolong baik meskipun siStem pembelajaran dilakukan secara daring. Adapun peran guru dalam pembelajaran daring di SMPN 1 Cibadak yaitu:
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Guru, Pembelajaran daring, Minat Belajar, PAI. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2021 03:26 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2021 03:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7385 |
Actions (login required)
Lihat Item |