PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERBICARA SISWA (R&D pada Kelas IV SDN Kedaung Wetan 6 Neglasari-Tangerang)

Anbarwati, Dyah Ayu (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERBICARA SISWA (R&D pada Kelas IV SDN Kedaung Wetan 6 Neglasari-Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (98kB)
[img] Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (510kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (322kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (396kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (614kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (147kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (472kB)

Abstrak

Dyah Ayu Anbarwati. NIM: 161240014, 2021. PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERBICARA SISWA (R&D pada Kelas IV SDN Kedaung Wetan 6 Neglasari-Tangerang) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbicara pada Siswa kelas IV SDN Kedaung Wetan 6 masih sangat rendah, siswa kesulitan dalam menyampaikan pendapatnya, siswa kurang fokus saat menyimak penjelasan dari guru, siswa kurang mampu saat diminta maju kedepan kelas untuk menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan oleh guru. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kelayakan produk media boneka tangan, 2) Bagaimanakah kemampuan berbicara peserta didik setelah menggunakan boneka tangan dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan produk media boneka tangan, 2) untuk mengetahui kemampuan berbicara peserta didik setelah menggunakan media boneka tangan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan Four-D Thiagarajan dengan rangkaian langkah 1) Define (Pendefinisian) Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Desseminate (Penyebaran) dan produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa media boneka tangan. Boneka tangan ini dikembangkan menjadi sebuah boneka dengan karakter benda mati yang dapat berbicara seperti makhluk hidup lainnya menggunakan mulut yang digerakan oleh tangan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas IV SDN Kedaung Wetan 6. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah validasi ahli materi dan ahli media, dan data hasil uji coba produk. Dari data yang diperoleh 1) media boneka tangan ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli media sebesar 94% sehingga medapatkan kategori “Sangat Layak”, 2) mendapatkan skor validasi materi sebesar 97% sehingga mendapatkan kategori “Sangat Baik” dan 3) mendapatkan skor rata-rata dari hasil uji coba pada responden sebesar 91% termasuk pada kriteria “Sangat Baik”. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta dapat melatih kemampuan berbicara siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media boneka tangan, keterampilan berbicara, R&D
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2021 02:41
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2021 02:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7381

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.