Pengembangan Media Permainan Tradisional Kartu Umbul Untuk Meningkatkan Kemampuan Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar (R&D Siswa Kelas III SDN Kamasan Kec. Kramat Watu)

Nurholisah, Desi (2021) Pengembangan Media Permainan Tradisional Kartu Umbul Untuk Meningkatkan Kemampuan Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar (R&D Siswa Kelas III SDN Kamasan Kec. Kramat Watu). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (99kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (176kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (280kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)

Abstrak

Pengembangan Media Permainan Tradisional Kartu Umbul Untuk Meningkatkan Kemampuan Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar (R&D Siswa Kelas III SDN Kamasan Kec. Kramat Watu) Desi Nurholisah: 171240005. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan media serta untuk mengetahui bagaimana kelayakan media permainan tradisional kartu umbul perkalian untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar Kamasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Angket, Observasi, Tes dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan dari Sugiyono. Langkah yang digunakan dalam mengembangkan media kartu umbul perkalian yaitu hanya 7 dari 10 langkah pengembangan. Sementara subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III Sekolah Dasar Kamasan. Adapun hasil yang diperoleh dari penerapan media permainan tradisional kartu umbul dalam materi perkalian ini adalah sebagai berikut: berdasarkan hasil uji validasi media diperoleh hasil sebesar 75% dengan kategori valid/layak dan hasil validasi materi sebesar 84.28% dengan kategori sangat valid/sangat layak. Sedangkan hasil tes pada kelompok kecil diperoleh nilai n-gain score sebesar 0.71 dengan kategori tinggi. Dan pada tes pada kelompok besar diperoleh n-gain score sebesar 0.54 dengan kategori sedang. Sementara hasil persentase angket responden pada kelompok kecil diperoleh nilai sebesar 88.6% termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase angket responden kelompok besar diperoleh nilai sebesar 89.4% termasuk dalam kategori sangat baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media permainan tradisional kartu umbul, perkalian
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2021 07:14
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2021 07:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7366

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.