Susianti, Eri (2021) Strategi Guru PAUD Dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Eri Susianti. 171260022. 2021. Strategi Guru PAUD Dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring, yaitu bagaimana strategi guru PAUD Dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 22 Maret 2021 hingga tanggal 14 Juni 2021, di Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Obyek penelitiannya adalah Guru atau Kepala Sekolah PAUD/TK/RA, orang tua peserta didik dan anak usia dini. Kepala sekolah dan orang tua siswa menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan proses pelaksanaan pembelajaran daring, pertama strategi pembelajaran dilakukan melalui grup WhatsApp, kedua belajar disekolah dengan waktu yang lebih singkat dan tetap mematuhi protocol kesehatan atau dengan cara orang tua datang kesekolah untuk mengambil dan mengumpulkan tugas dalam waktu satu minggu sekali, ketiga dilakukan dengan cara membagi guru menjadi 4 bagian sesuai dengan ruang lingkup tempat tinggal guru dengan peserta didik. Terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah tersedianya Handphone, kuota internet, jaringan internet, waktu dari orang tua untuk pendampingan belajar anak, dan pengetahuan orang tua yang cukup baik, sehingga orang tua dapat menjelaskan tentang tugas-tugas yang diberikan kepada anak oleh guru kelas. Kemudian faktor penghambat nya tidak jauh berbeda dengan faktor pendukungnya, yaitu tidak tersedianya Handphone, kuota internet karena terbatasnya ekonomi orang tua, jaringan internet, waktu dari orang tua yang cukup untuk melakukan pendampingan dengan anak, dan pengetahuan orang tua yang kurang baik sehingga orang tua kebingungan saat harus dijelaskan tugas-tugas pembelajaran kepada anak. Setelah penelitian ini, diharapkan strategi pembelajaran ini menjadi solusi bagi guru PAUD/TK/RA yang telah melaksanakan pembelajaran ditengah pandemic Covid-19, sehingga pembelajaran masa pandemic dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Daring, Anak Usia Dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2021 06:49 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2021 06:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7363 |
Actions (login required)
Lihat Item |