Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Kelas III MI Al-Jauharotunnaqiyyah Priuk Kota Cilegon.

Istiyawati, Ida (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Kelas III MI Al-Jauharotunnaqiyyah Priuk Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover ,..pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (166kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN)
lampiran depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (492kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (392kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (418kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (473kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB)

Abstrak

Ida Istiyawati. 161240018. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Kelas III MI Al-Jauharotunnaqiyyah Priuk Kota Cilegon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar LKPD berbasis RME materi operasi hitung pecahan kelas III di SD/MI Kota Cilegon dan menghasilkan produk bahan ajar LKPD berbasis RME. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Jauharotunnaqiyyah Priuk Kota Cilegon tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang merujuk model 4-D menurut Thiagarajan dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian pada 4 tahap: Define, Design, Develop, dan Desiminate. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru, dan uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada hasil validasi tiap-tiap validator yaitu ahli materi, memperoleh nilai rata-rata skor 4,1 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal pengujian validitas. Pada ahli media, memperoleh nilai rata-rata skor 4,6 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal, dan penilain guru memperoleh nilai rata-rata skor 4,6 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal. Sedangkan nilai rekapitulasi keseluruhan aspek dari ketiga validator memperoleh nilai rata-rata skor 4,4 dengan kategori layak atau sudah mencapai minimal pengujian validitas. Dengan demikian bahan ajar LKPD berbasis RME bisa dikatakan layak dan efektif untuk digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Realistic Mathematics Education, Operasi Hitung Pecahan SD/MI
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2021 06:36
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2021 06:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.