Jannah, Fatimah Nurul (2021) Pengembangan Buku Matematika Bergambar (Bookmeb) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bagi Anak Diskalkulia (R&D di Kelas III MI Nurul Yaqin Kota Bogor). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (99kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (375kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (234kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (358kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (451kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (136kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (145kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama : Fatimah Nurul Jannah. NIM : 171240043. 2021. Pengembangan Buku Matematika Bergambar (Bookmeb) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bagi Anak Diskalkulia (R&D di Kelas III MI Nurul Yaqin Kota Bogor) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku matematika bergambar “Bookmeb” dalam materi operasi hitung, mata uang dan pengukuran pada ke 3 peserta didik kelas III di MI Nurul Yaqin Kota Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan / R & D dari model pengembangan S. Thiagarajana. Pengembangan 4 – D memiliki 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan uji coba (disseminate). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba awal terhadap peserta didik. Data yang dikumpulkan menggunakan angket validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian peserta didik, observasi, wawancara singkat dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapat skor 101 dengan persentase 80,8 % (baik) dan hasil validasi ahli media mendapat skor 71 dengan persentase 71 % (baik). Hasil uji coba lapangan awal mendapatkan jumlah rata-rata 84 % (sangat baik). Secara keseluruhan media pembelajaran buku matematika bergambar “Bookmeb” sudah layak digunakan untuk mengenalkan materi operasi hitung, mata uang dan pengukuran pada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam berhitung atau diskalkulia. Berdasarkan pengamatan secara langsung, media “Bookmeb” dapat mempermudah anak untuk belajar matematika.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bookmeb, Kemampuan Berhitung dan Anak Diskalkulia |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2021 06:23 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2021 06:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7359 |
Actions (login required)
Lihat Item |