Yusnia, Siti (2021) Pengembangan Modul Berbasis iCare untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Membaca Cerita di Kelas IV SD/MI (R&D pada Kelas IV MI Darul Ulum Mauk Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (163kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (506kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (235kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (345kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (395kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (163kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (227kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang dalam membaca yang disebabkan karena keterbatasan bahan bacaan serta penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang menarik minat dan perhatian siswa sehingga membuat siswa bosan dan jenuh mengikuti pembelajaran terkhusus dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk modul membaca pemahaman cerita berbasis ICARE dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, 2) Untuk mengetahui efektivitas modul membaca pemahaman cerita berbasis ICARE dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Reasearch and Develompment) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu : Define (pendefinisian),Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Bahan ajar berupa modul ICARE yang dikembangkan diuji kelayakan dengan validasi para ahli yakni ahli media, ahli materi dan ahli bahasa sebelum uji coba dilakukan. Uji coba dilakukan di MI Darul Ulum Mauk-Tangerang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata rata 4,4 dengan kategori sangat baik. 3) Hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor rata rata 4,3 dengan kategori sangat baik. 4) Hasil validasi uji coba produk pada siswa memperoleh hasil dalam presentase 99,1% kategori sangat baik. 5) Tingkat kemampuan pemahaman siswa di Kelas IV MI Darul Ulum mengalami peningkatan disetiap evaluasinya, dari hasil uji coba Modul Berbasis ICARE pada evaluasi ke- 1 memperoleh skor 0,71 atau 70% kategori “Baik atau B” setelah menggunakan produk Modul Berbasis ICAREpada evaluasi-2 memperoleh skor 0,90 atau 90% kategori “sangat baik atau A, dan terus mengalami peningkatan menjadi 100 atau 100% setelah menggunakan produk untuk evaluasi ke-3. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, bahwa Modul Berbasis ICARE pada mata pelajaran Bahasa Indonesia layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modul, ICARE, Pemahaman Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2021 03:43 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2022 03:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7350 |
Actions (login required)
Lihat Item |