Pratiwi, Rahayu Cindy (2021) Peran Relawan Paguyuban Pemuda Literasi Global dalam Mengembangkan Potensi Anak dalam Bidang Pendidikan di Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks (COVER)
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
2. LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (407kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB 1)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (449kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (381kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (244kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (299kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (296kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Hadirnya relawan untuk melengkapi pendidikan anak yang ada di sekolah agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Paguyuban Pemuda Literasi Global memiliki program untuk mengembangkan potensi anak dalam pendidikannya agar lebih berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pada masing-masing anak. Para relawan di Paguyuban Pemuda Literasi Global ingin memberikan pendidikan dan pengajaran yang mendasar pada anak usia dini agar bisa mengasah potensinya dan membentuk kepercayaan diri pada anak. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi pendidikan anak di Paguyuban Pemuda Literasi Global? 2) Bagaimana penerapan program Paguyuban Pemuda Literasi Global dalam mengembangkan potensi anak? 3) Faktor-faktor apakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menjalankan program? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi pendidikan anak di Paguyuban Pemuda Literasi Global. 2) Mengetahui penerapan program relawan Paguyuban Pemuda Literasi Global dalam mengembangkan potensi anak. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan program. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena ingin menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di tempat penelitian. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan anak-anak yang ada di lingkungan Lopang Gede memiliki jenjang pendidikan yang baik. PPLG memiliki program diantaranya sembilan Unit kegiatan yaitu: Pendopo Literasi, Rumah BaJa, RUQO, Kobong Literasi, Ladang Pena, Dedolan Travel, Genau Private, Bank Sampah Digital, dan Serang Calakan. Serta dibagi menjadi tiga jenis kegiatan yaitu: Mingguan, Tahunan dan Terencana. Adapun faktor pendukung adalah motivasi belajar yang tinggi, hubungan yang baik antar dan kerjasama antara pengurus dan masyarakat, lembaga dan mitra, serta pemanfaatan media sosial yang baik dalam berkreatifitas. Adapun faktor penghambat yaitu: keterbatasan dana dan waktu, serta ketidak konsistenan relawan dalam menjalankan program.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Relawan, Pendidikan, Anak, Literasi, Paguyuban |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2021 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mar 2024 04:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7326 |
Actions (login required)
Lihat Item |