Alawiyah, Tuti (2021) Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Melalui Seni Origami di PAUD Arrohman Kelas B Kec. Patia-Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (378kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (187kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (436kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (289kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (453kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (742kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tuti Alawiyah. NIM : 161260013. 2021. Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Melalui Seni Origami di PAUD Arrohman Kelas B Kec. Patia-Pandeglang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan motorik halus di PAUD Arrohman, mengetahui penerapan seni origami dalam pengembangan motorik halus, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan motorik halus melalui seni origami di PAUD Arrohman kelas B kec. Patia-Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kelas B yang berjumlah 10 peserta didik. Teknis analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahapan diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan keterampilan motorik halus anak yang diberikan oleh guru berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan pencapaian perkembangannya yang dijadikan sebagai indikator pelaksanaan pada aspek motorik halus telah berhasil. Berdasarkan 6 indikator keterampilan motorik halus dari 10 anak kordinasi mata dan otot tangan secara umum menunjukan kategori berkembang sangat baik (BSB) dalam mengikuti kegiatan seni origami diantaranya, sudah mampu menyelesaikan lipatan dengan rapih, menempel potongan geometri, dan menggunting mengikuti pola. Penerapan seni origami dalam pengembangan motorik halus di kelas B, terlihat bahwa guru memang belum sepenuhnya mampu menarik perhatian seluruh anak. Walaupun beberapa merasa antusias mengikuti kegiatan seni origami, namun untuk perencanaan sudah baik karena guru sebelumnya mempersiapkan media yang akan digunakan serta menjelaskan langkah-langkah pembelajaran seni origami. faktor penghambat dalam keterampilan motorik halus melalui seni origami, diantaranya yaitu terbatasnya waktu yang tersedia untuk kegiatan seni origami, tidak semua anak antusias mengikuti kegiatan, suasana kelas yang kurang kondusif, kurangnya percaya diri anak untuk menyelesaikan kegiatan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | anak usia dini, keterampilan motorik halus, seni origami |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2021 07:00 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2021 06:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7321 |
Actions (login required)
Lihat Item |