Hifni, Hifni (2021) Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siwa Mts Di Pondok Pesantren Darul Ihsan Walantaka. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
1 COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (105kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAGIAN DEPAN)
2 BAGIAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (372kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (362kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (268kB) |
||
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (168kB) |
||
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (350kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Hifni. NIM.161210085. Judul skripsi Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siwa Mts Di Pondok Pesantren Darul Ihsan Walantaka. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca santri pondok pesantren Darul Ihsan Walantaka, dapat menerapkan program partisipatif yang melibatkan semua pemangku kepentingan dan ikut mendukung program GLS yang dilakukan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, serta dapat menambah wawasan bagi penulis, pembaca dan penelitian selanjutnya. Penelitian ini merupakan Participatory Action Research (PAR), dengan tujuh tahapan yaitu persiapaan sosial, identifikasi data, fakta sosial dan analisis sosial, kajian masalah dan kebutuhan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Dilakukan dengan melibatkan seluruh masyarakat pondok. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu cerita (sharing), wawancara, observasi dan diskusi kelompok terfokus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di pondok pesantren Darul Ihsan Walantaka dapat menumbuhkan minat baca santri. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya antusias dan semangat yang baik dari santri dalam menjalankan kegiatan 15 menit membaca, adanya kesadaran akan pentingnya kegiatan membaca dan menulis, serta peningkatan frekuensi membaca dan peningkatan jumlah buku bacaan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Minat Baca. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 29 Okt 2021 04:51 |
Perubahan Terakhir: | 12 Sep 2022 08:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7244 |
Actions (login required)
Lihat Item |