Fadilah, Ilfa (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Pada Asuransi Syariah (Studi Kasus Desa Sindanghayu Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Ilfa Fadilah, NIM: 161430033, Judul Skripsi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Pada Asuransi Syariah (Studi Kasus Desa Sindanghayu Pandeglang Banten). Asuransi syariah merupakan usaha saling melindungi dan tolong-menolong diantara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. Salah satu Indikator untuk perkembangan Asuransi Syariah adalah minat, minat adalah sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan, untuk menarik minat berasuransi dilakukan adanya promosi, dan lokasi juga merupakan faktor untuk menjalankan usahanya. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana faktor promosi dan lokasi mempengaruhi minat masyarakat pada asuransi syariah Desa Sindanghayu?. 2) Seberapa besar faktor promosi dan lokasi, faktor manakah yang paling berdominan mempengaruhi minat masyarakat pada asuransi syariah Desa Sindanghayu?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan data primer berupa penyebaran kuisioner di Desa. Sindanghayu, Kec. Saketi, Kab. Pandeglang dengan jumlah 92 responden. Teknik Analisis yang digunakan yaitu: uji instrumen penelitian terdiri dari uji validitas dan uji reabilitas. Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas. Uji regresi berganda dan uji hipotesis terdiri dari uji koefisien korelasi (R2), koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F). Hasil analisis dari penelitian ini secara parsial variabel promosi (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel minat (Y), dan variabel lokasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat (Y). Secara simultan variabel promosi (X1) dan variabel lokasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat (Y). Dengan tingkat koefisien korelasi sebesar 0,383 yang berarti variabel promosi dan lokasi terhadap minat dinyatakan masih rendah dan koefisien determinasi sebesar 14,6% berarti variabel minat dijelaskan oleh variabel promosi dan lokasi, sedangkan sisanya 85,4% dipengaruhi faktor lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Minat, Promosi, Lokasi. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 14 Okt 2021 08:44 |
Perubahan Terakhir: | 14 Okt 2021 08:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7129 |
Actions (login required)
Lihat Item |