Mardianti, Susi (2021) Analisis Faktor-faktor Keuangan dan Aspek Teknologi terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia (Studi Pada Bank Umum Syariah Periode 2013-2019). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Susi Mardianti, NIM : 171420169, Judul Skripsi: Analisis Faktor-faktor Keuangan dan Aspek Teknologi terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia (Studi Pada Bank Umum Syariah Periode 2013-2019) Dunia perbankan memegang peran penting dalam stabilitas ekonomi. Hal ini dapat dilihat ketika sektor ekonomi mengalami penurunan maka salah satu cara mengembalikan stabilitas ekonomi adalah menata sektor perbankan yaitu market share sehingga kebijakan pengembangan industry dalam market share perbankan di Indonesia diarahkan untuk mencapai suatu sistem perbankan yang sehat,kuat dan efisien guna menciptakan kestabilan sistem keuangan yang akan membantu mendorong perekonomian nasional secara berkesinambungan. Dengan Market Share yang kecil tentunya perbankan syariah belum banyak memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Semakin naik perkembangan market share, maka semakin naik perkembangan keuangan perbankan syariah tersebut. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh ROA,BOPO,NPF dan E-Banking secara simultan maupun parsial terhadap market share perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROA,BOPO,NPF dan E-Banking secara simultan maupun parsial terhadap market share perbankan syariah periode pengamatan 2013-2019. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F, Uji t, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 22. Nilai thitung Variabel ROA Sebesar 1,076 dan ttabel sebesar 2,01537 hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung variabel ROA lebih kecil dari ttabel (1,076 < 2,01537) maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya secara parsial variabel ROA (X1) tidak berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel market share (Y) Perbankan Syariah di Indonesia Pada Bank Umum Syariah. Dan thitung variabel BOPO lebih besar dari ttabel (2,374 > 2,01537) maka Ho ditolak, artinya secara parsial variabel BOPO (X2) berpengaruh positif terhadap Market Share (Y) Perbankan Syariah di Indonesia Pada Bank Umum Syariah. Nilai thitung variabel NPF lebih besar dari ttabel (2,394 > 2,01537) maka Ho ditolak,artinya secara parsial variabel NPF (X3) berpengaruh positif terhadap variabel market share (Y) Perbankan Syariah di Indonesia Pada Bank Umum Syariah. Dan Nilai thitung variabel E-Banking lebih besar dari ttabel (2,1333 > 2,01537) maka Ho ditolak, artinya secara parsial variabel E-Banking (X4) berpengaruh positif terhadap Market Share (Y) Perbankan Syariah di Indonesia Pada Bank Umum Syariah.serta secara simultan, nilai Fhitung sebesar 15,933 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,58 hal tersebut menunjukkan bahwa nilai Fhitung > dari Ftabel (15,933 > 2,58) artinya, secara simultan variabel investasi ROA(X1), BOPO (X2), NPF (X3) dan Elektronik Banking (X4) berpengaruh signifikan terhadap Market Share Perbankan Syariah (Y) pada Bank Umum Syariah).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag., M.M 2. Hj. Mukhlisotul Jannah, M.M., M.Ak |
Kata Kunci (keywords): | ROA,BOPO ,NPF, Elektronik Banking dan Market Share |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 11 Okt 2021 09:11 |
Perubahan Terakhir: | 27 Okt 2021 08:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7093 |
Actions (login required)
Lihat Item |