Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cilegon

Fatmawati, Ipat (2021) Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
caver Ipat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (389kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I Ipat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (253kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II Ipat.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (343kB)
[img] Teks
BAB III Ipat.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (402kB)
[img] Teks
BAB IV Ipat.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (607kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V Ipat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA Ipat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ipat Fatmawati, NIM: 161420058. Judul Skripsi: Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cilegon. Pelayanan yang diberikan dengan baik akan mempengaruhi kepuasan nasabah, dimana bank yang memiliki pelayanan buruk lambat laun akan ditinggalkan nasabah. Namun, sebaliknya bank yang pelayanannya baik akan banyak dicari nasabah. Kepuasan nasabah akan terpenuhi bila mereka memperoleh apa yang menjadi harapan mereka. Mereka juga menginginkan agar keluhan mereka dapat didengar dan ditangani sesegera mungkin secara professional. Sikap customer service yang kurang ramah, tidak tepat waktu dalam melayani nasabah, itu merupakan kendala dalam melayani nasabah dengan baik. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Adakah pengaruh pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cilegon? 2). Seberapa besar pengaruh pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cilegon? Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cilegon. 2).Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cilegon. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner sebanyak 65 responden. Metode analisis data yang digunakan meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Normalitas dan Heterokedastisitas), Uji Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan antara pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat dilihat dari uji t yang dilakukan, di peroleh nilai ttabel sebesar 1.998 dan nilai thitung sebesar 6.115 dimana thitung lebih besar dari ttabel (6.115 > 1.998), menggunakan pengujian dua arah dengan taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, semakin tinggi pelayanan customer service yang diberikan oleh perusahaan, maka akan semakin tinggi kepuasan nasabah. Berdasarkan pengujian data secara statistik melalui analisis koefisien korelasi (R) diperoleh hasil sebesar 0.610 terletak pada interval koefisien 0,60–0,799 menyatakan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah. Adapun hasil dari analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R Square (R2) sebesar 0.373 atau 37,3 % yang artinya variabel pelayanan customer service (X) mempengaruhi variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 37,3 % dan sisanya 62,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Dosen Pembimbing: 1. Aan Ansori, M.Kom.,M.M 2. Hanafi, M.Pd.,M.A
Kata Kunci (keywords): Pelayanan, Customer Service, Kepuasan Nasabah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Aug 2021 03:56
Perubahan Terakhir: 27 Okt 2021 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6991

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.