Implementasi Teknik Motivational Interviewing Terhadap Semangat Belajar Mengaji pada Remaja Awal (Studi Kasus di Kampung Masigit, RT/RW 02/01, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten)

Fitriyani, Ade (2021) Implementasi Teknik Motivational Interviewing Terhadap Semangat Belajar Mengaji pada Remaja Awal (Studi Kasus di Kampung Masigit, RT/RW 02/01, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (100kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. ]Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (561kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (282kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (280kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (386kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Berada di masa transisi biasanya usia remaja akan mencoba lebih banyak hal dengan mempelajari apa saja yang ingin mereka temukan serta mereka pelajari, termasuk dalam belajar mengaji atau membaca kitab suci Al-Qur’an. Meski begitu dalam proses belajarnya dirasa masih membutuhkan banyak perhatian dari berbagai pihak. Motivasi merupakan suatu dorongan untuk melakukan kegiatan yang dituju. Dalam hal ini, pemberian motivasi diberikan sebagai upaya untuk mendorong remaja agar semangat dalam belajar mengaji, serta mampu menempatkan keyakinan pada diri individu bahwa kegiatan mengaji merupakan suatu ibadah kepada Allah SWT, yang apabila dijalankan dengan ikhlas maka akan terasa mudah. Berdasarkan uraian diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan konseling melalui implementasi teknik Motivational Interviewing (MI) terhadap semangat belajar mengaji pada remaja awal di Kampung Masigit RT/RW 02/01, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang ? 2) Bagaimana hasil pelaksanaan konseling melalui implementasi teknik Motivational Interviewing (MI) terhadap semangat belajar mengaji pada remaja awal di Kampung Masigit, RT/RW 02/01, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana penerapan konseling melalui implementasi teknik Motivational Interviewing (MI) terhadap semangat belajar mengaji pada remaja awal di Kampung Masigit RT/RW 02/01, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang. 2) Mengetahui bagaimana hasil pelaksanaan konseling melalui implementasi teknik Motivational Interviewing (MI) terhadap semangat belajar mengaji pada remaja awal di Kampung Masigit RT/RW 02/01, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif berupa kata-kata tertulis dari objek penelitian yang diamati dengan menggunakan konseling kelompok melalui implementasi teknik motivational interviewing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan mulai 02 September 2020 sampai 10 Januari 2021. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 5 orang (3 laki-laki dan 2 perempuan). Responden adalah remaja awal di Kampung Masigit, RT/RW 02/01, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, 1 orang usia 11 tahun dan 4 orang usia 13 tahun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, terdapat empat tahap dalam penerapan konseling melalui teknik MI, yakni: 1) Tahap awal, langkah pendekatan, 2) Langkah kedua, tahap inti (kegiatan konseling dengan menerapkan teknik MI), 3) Langkah ketiga, tahap peralihan, 4) Langkah keempat, tahap pengakhiran. Hasil dari proses penelitian bisa dilihat dari kemampuan responden dalam mengatasi ambivalensi dalam dirinya dan perubahan positif terlihat saat responden terlihat antusias mengatakan keinganannya untuk berubah seperti mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat untuk kembali mengikuti kegiatan belajar mengaji.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Motivational Interviewing, Remaja Awal, Mengaji
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Aug 2021 01:10
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.