Penerapan Terapi Realitas dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Baru Selama Perkuliahan Daring (Studi Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN SMH Banten)

Faiqoturizqiah, Eva (2021) Penerapan Terapi Realitas dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Baru Selama Perkuliahan Daring (Studi Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
caver.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (577kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (474kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (477kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (321kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (685kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (257kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang berdampak pada aktivitas setiap orang dalam berbagai sektor, salah satu nya adalah sektor pendidikan. Hal ini menuntut para pendidik untuk menemukan cara pembelajaran yang efektif dan efisien selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) menjadi solusi yang menawarkan kemudahan karena tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Namun juga memberikan beberapa dampak yang cukup sulit, salah satunya berdampak pada kesejahteraan psikologis individu selama pembelajaran daring. Kesejahteraan psikologis mengarah pada bagaimana individu dapat berfungsi secara efektif dalam kehidupan dan menjalaninya dengan bahagia. kesejahteraan psikologis yang positif menolong mahasiswa untuk berfungsi secara efektif. Demikian sebaliknya, kesejahteraan psikologis yang rendah berarti mahasiswa kurang dapat berfungsi secara efektif selama pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana kondisi kesejahteraan psikologis mahasiswa baru selama perkuliahan daring?, 2). Bagaimana proses penerapan terapi realitas dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru?, 3). Bagaimana hasil penerapan terapi realitas dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru?. Sedangkan Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1). Untuk mengetahui kondisi kesejahteraan psikologis mahasiswa baru selama perkuliahan daring, 2). Untuk mengetahui bagaimana proses penerapan terapi realitas dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru, 3). Untuk mengetahui hasil penerapan terapi realitas dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif komparatif dengan metode penelitian kualitatif, sedangkan teknik yang digunakan untuk pengambilan responden adalah teknik simple random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa kondisi kesejahteraan psikologis mahasiswa baru selama perkuliahan daring tidak sesuai dengan ke enam aspek kesejahteraan psikologisnya. Menyalahkan keadaan dan diri sendiri serta mencerminkan perilaku yang tidak teratur dalam hidup. Adapun penerapan terapi realitas teknik WDEP memberikan perubahan pada sikap dan perilaku konseli menjadi lebih baik, dimana konseli akhirnya menyadari bahwa tingkah laku normal untuk memenuhi keinginannya adalah dengan bertanggung jawab, menerima keadaan dan sadar tentang kenyataan yang dihadapinya sekarang. Sehingga konseli tidak lagi menyalahkan keadaan, diri sendiri atau sesuatu lain diluar dirinya namun dengan tetap menyeimbangkan dirinya untuk bisa membangun hubungan positif dengan lingkungannya dan mampu untuk tumbuh mandiri serta ada kepuasan atas setiap pencapaiannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): terapi realitas, kesejahteraan psikologis, perkuliahan daring
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Jun 2021 02:47
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6894

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.