PENGARUH UPAH PEKERJA RUMAH TANGGA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA(Studi Kasus di Perumahan Mutiara Garuda, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang,Provinsi Banten)

Fajria, Alifah Adhitya (2017) PENGARUH UPAH PEKERJA RUMAH TANGGA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA(Studi Kasus di Perumahan Mutiara Garuda, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang,Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
CAVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (189kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (370kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Upah Pekerja Rumah Tangga merupakan pembayaran, imbalan atas jasa-jasa seorang pekerja rumah tangga, Seringkali pekerjaan sebagai pekerja rumah tangga di anggap suatu pekerjaan yang rendah, akan tetapi jasa pekerja rumah tangga dibutuhkan bagi para orang tua yang membutuhkan seseorang untuk mengurus rumah mereka, terkadang dikarenakan kesibukan para orang tua, sehingga membutuhkan jasa pekerja rumah tangga ini. Berdasarkan latar belakang di atas, maka Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh antara upah pekerja rumah tangga terhadap kesejahteraan keluarganya, dan seberapa besar pengaruhnya, 2) Bagaimana menurut pandangan Ekonomi Islam tentang kesejahteraan pekerja rumah tangga. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara upah pekerja rumah tangga terhadapkesejahteraan keluarganya, dan seberapa besar pengaruhnya, 2) Untuk mengetahui menurut pandangan Ekonomi Islam tentang kesejahteraan pekerja rumah tangga. Metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengguanakan teknik pengumpulan data di antaranya: Observasi, Wawancara, dan Angket. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Uji normalitas, Uji Validitas dan Reliabilitas, Regresi Linear Sederhana, Koefesien Korelasi, Koefesien Determinasi dan Uji t (Uji Hipotesis). Kesimpulan dari hasil analisis yaitu: 1) ruang lingkup pekerjaan pekerja rumah tangga itu meliputi memcuci pakaian, menggosok pakaian, memasak, bahkan ada juga yang menjaga atau mengasuh anak pemilik rumah (orang yang mempekerjakan PRT). Semakin tinggi upah yang didapat ini sangat berpengaruh untuk menambah kebutuhan sehari-hari para pekerja rumah tangga. 2) dari hasil analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,539, menunjukan bahwa terdapat hubungan yangcukuperat. 3)Pengaruh upah pekerja rumah tangga terhadap kesejahteraan keluarga mempunyai pengaruh yang positif, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis atau uji t diperoleh nilai thitung >ttabel, yaitu 5,524> 1,296, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima berarti upah pekerja rumah tangga berpengaruh positif terhadap kesejahteraan keluarga para pekerja rumah tangga tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Upah; Ujrah;
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2017 04:24
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2017 04:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.