Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa (Studi Di SMKN Pertanian Kota Serang)

Khodijah, Siti (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa (Studi Di SMKN Pertanian Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (32kB)
[img] Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (500kB)
[img] Teks
B5 (Bab 1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (295kB)
[img] Teks
B5 (Bab 2).pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (474kB)
[img] Teks
B5 (Bab 3).pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (237kB)
[img] Teks
B5 (Bab 4).pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (248kB)
[img] Teks
B5 (Bab 5).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (315kB)

Abstrak

Siti Khodijah. NIM. 161210108. Judul skripsi Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa (Studi Di SMKN Pertanian Kota Serang). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui toleransi beragama pada siswa di SMKN Pertanian Serang, bentuk upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan toleransi beragama siswa di SMKN Pertanian Serang dan hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan toleransi beragama siswa di SMKN Pertanian Serang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data guru PAI dan siswa. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama kondisi realitas toleransi beragama siswa sudah cukup baik, hal ini terlihat dengan adanya sikap saling menghargai antara siswa muslim dan non muslim. Kedua bentuk upaya guru PAI dalam menanamkan toleransi beragama siswa, yaitu dengan cara: membimbing dan memberi arahan kepada siswa melalui kegiatan belajar mengajar, kegiatan imtaq (iman taqwa), kegiatan hari besar Islam, dan gotong royong. Ketiga hambatan dalam menanamkan toleransi beragama, dengan adanya contoh teladan yang baik dari guru PAI dapat mendukung kerukunan umat beragama dan sikap toleransi beragama, oleh karena itu tidak ada hambatan dalam menanamkan toleransi beragama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): toleransi beragama, upaya guru PAI, sekolah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 28 Mei 2021 02:50
Perubahan Terakhir: 28 Mei 2021 02:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6720

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.