تطوير المواد التعليمية لتعليم الإملاء المتأسسة على نظرية التعلم النشط لدى طلاب الصف الثاني المتوسط بمعهد السعادة الحديث منطقة سيرانج - بنتن

Dikri, Ali (2021) تطوير المواد التعليمية لتعليم الإملاء المتأسسة على نظرية التعلم النشط لدى طلاب الصف الثاني المتوسط بمعهد السعادة الحديث منطقة سيرانج - بنتن. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (321kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (664kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (802kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (698kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (283kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ali Dikri, 2020, Pengembangan Materi Ajar Imla Berbasis Teori Pembelajaran Akif (Studi Pengembangan bagi siswa kelas dua SMP Pondok Pesantren Modern Assa’adah, Serang - Banten). Pembimbing pertama: Dr. Nana Jumhana, dan Pembimbing kedua: Syekh Dr. Faris Al-Badr Muhammad Mushawwiq Al-Yaman - Sana'a. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar Imla berbasis teori pembelajaran aktif bagi siswa kelas dua SMP Pondok Pesantren Modern Assa’adah yang berlokasi di Cikeusal Serang Banten. Pengembangan ini dilatar belakangi oleh ketidak beraturan pembelajaran Imla di Pesantren yang diteliti karena tidak adanya buku ajar bagi peserta didik atau pun guru, sehingga pembelajaran tersebut hanya berpusat kepada guru. Pengembangan Materi Ajar Imla disusun dengan desain pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa dimana selama proses pembelajaran di dalam atau di luar kelas diperlukan partisipasi aktif antara siswa dan belajar mandiri seperti permainan bahasa, diskusi kelompok, bermain peran, pemecahan masalah. , penggunaan perangkat komputer, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang ditetapkan oleh Borg dan Gall dengan sepuluh langkah pelaksanaannya yang diterapkan peneliti dalam pengajaran Imla, yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan bentuk permulaan dari produk, uji coba awal lapangan, revisi produk, uji coba lapangan jumlah besar, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, revisi produk akhir, dan menyebarluaskan produk. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas dua SMP Pondok Pesantren Modern Assa’adah yang berjumlah tiga kelas, tetapi peneliti hanya mengambil satu kelas untuk kelas besar yang berjumlah tiga puluh orang dan kelas kecil berjumlah tujuh siswa, dipilih secara acak sebagai sampel untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar yang telah disusun memiliki respon positif setelah diaplikasikan dalam proses pembelajaran dan setelah dinilai oleh para ahli, yaitu: Ahli Bahasa Arab dengan skor rata-rata 3,8 kategori “sangat baik”, ahli media memberikan skor rata-rata 3,8 dengan kategori ” sangat baik”, guru mata pelajaran memberi nilai rat-rata 4 dengan kategori “sangat baik”, dan pengguna materi ajar (siswa) memberikan nilai rata-rata 3,9 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh di atas, hal ini menunjukkan bahwa materi ajar yang disusun direspon positif oleh para validator yaitu : ahli Bahasa Arab, ahli media, guru mata pelajaran, dan siswa. Oleh karena itu, maka penelitian ini layak digunakan dalam proses pembelajaran Imla.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan materi ajar, Pengajaran Imla, Pembelajaran aktif
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Mei 2021 08:03
Perubahan Terakhir: 25 Mei 2021 08:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6710

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.