تطبيق طريقة التمييز وإلمام المفردات في تحسين تعليم مهارة القراءة بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سيرانج

Nufus, Yayat Zakiyatun (2021) تطبيق طريقة التمييز وإلمام المفردات في تحسين تعليم مهارة القراءة بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سيرانج. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER YAYAT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (424kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (553kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (581kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (363kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (617kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Yayat Zakiyatun Nufus, 2021 M, Pengaruh Penerapan Buku "Tamyiz" dan Pemahaman Kosakata Terhadap Hasil Keterampilan Membaca Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiah Negeri Serang. Pembimbing pertama: Dr. H. Moch. Mu’izzuddin, dan pembimbing kedua: Dr. Lalu Turjiman Ahmad. Pengajaran bahasa Arab di Indonesia sering kali menggunakan Metode Qowa’id dan Tarjamah. Banyak siswa yang menganggap bahasa Arab sebagai hal yang menakutkan, terutama untuk memahami makna teks bacaan. Jadi, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam bahasa Arab, karena mereka merasa kesulitan dan itu membuat mereka bosan dalam mempelajarinya. Salah satu sebabnya adalah kurangnya penggunaan metode modern selama proses pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti mencoba menggunakan metode unik yang lazim digunakan di beberapa Pesantren Salafi di Indonesia, yang terkenal dengan buku "Tamyiz". Buku ini telah digunakan untuk memahami kosakata dan pencapaian pengajaran keterampilan membaca bagi siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiah Negeri 1 Serang, serta untuk mengetahui sejauh mana dampaknya terhadap pengajaran bahasa Arab, khususnya keterampilan membaca. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan semi eksperimental berupa rancangan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan input kuantitatif, dan dengan mengambil kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun alat penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dua tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil tersebut muncul setelah penerapan buku “Tamyiz” dalam penelitian yang diujikan dengan rumus t-test lebih besar dari t-tabel, yaitu: 4,44 lebih besar dari 2,25639. Ini berarti Ho dapat diterima dan H1 ditolak. Singkatnya, penggunaan buku “Tamyiz” memiliki keefektifan yang besar dan pengaruh yang besar terhadap pemahaman kosakata dalam pencapaian keterampilan membaca siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): buku "Tamyiz", pemahaman kosakata, perolehan keterampilan membaca
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Magister > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Mei 2021 05:51
Perubahan Terakhir: 22 Mei 2024 03:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6709

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.