Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Perkalian Dengan Media Dakon Di Kelas III SDN Benoa Kota Serang

Af'aliyah, Adikotul (2021) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Perkalian Dengan Media Dakon Di Kelas III SDN Benoa Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (180kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (359kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (125kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (332kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (161kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sering dijumpai siswa yang tidak tuntas pada suatu materi operasi perkalian dan kondisi pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa kurang berminat mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya yaitu menggunakan media supaya memberikan pemahaman kepada siswa dan menarik minat siswa untuk belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan deskripsi mengenai langkah-langkah penggunaan media dakon dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa materi operasi perkalian. Dari hasil evaluasi, refleksi, dan perbaikan yang dilakukan pada akhir siklus, diperoleh deskripsi penggunaan media dakon dalam empat langkah, yaitu 1) Guru mendemonstrasikan langkah penggunaan media dakon secara perlahan dan mendetail untuk menjelaskan materi operasi perkalian disertai dengan contoh soal dan bagaimana menyelesaiakan soal tersebut dengan menggunakan media dakon; 2) Beberapa orang siswa diminta maju ke depan kelas untuk menyelesaikan soal dengan menggunakan media dakon; 3) Siswa bersama kelompoknya mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru dengan menggunakan media dakon dan biji dakon yang berukuran besar; 4) Tiap kelompok memaparkan hasil dari diskusi bersama kelompoknya di depan kelas serta dibuktikan kebenarannya dengan menggunakan media dakon dan biji dakon.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar, Operasi Perkalian, Media Dakon
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 06 Mei 2021 08:00
Perubahan Terakhir: 06 Mei 2021 08:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6686

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.