Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Ijtimaiyah Kecamatan Cilegon Desa Ketileng Kota Cilegon (Penelitian Kualitatif di A1 RA Al-Ijtimaiyah Cilegon)

Habibah, Ummi (2021) Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Ijtimaiyah Kecamatan Cilegon Desa Ketileng Kota Cilegon (Penelitian Kualitatif di A1 RA Al-Ijtimaiyah Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (515kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (580kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (328kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ummi Habibah. NIM 152600005. 2020. Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Ijtimaiyah Kecamatan Cilegon Desa Ketileng Kota Cilegon (Penelitian Kualitatif di A1 RA Al-Ijtimaiyah Cilegon). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak baik di sekolah maupun dirumah. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Ijtimaiyah Cilegon. Populasi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun informan penelitian meliputi: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala dan Staff Tata Usaha, Guru dan Wali Murid. Penelitian ini diperoleh dengan melakukan metode observasi dan wawancara. Faktor pendukung yaitu berupa penggunaan berbagai macam metode yang tepat dalam mengembangkan kemandirian anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru dalam mengembangkan kemandirian anak sangat diperlukan, terutama saat anak berusia 4-5 tahun. Dikarenakan saat anak berusia 4-5 tahun memiliki mood yang mudah berubah, sehingga guru harus bisa mengimbangi keadaan tersebut. Solusinya yaitu dengan mengajak anak berinteraksi secara langsung dan berusaha menghiburnya sehingga anak tersebut merasa ada yang memperdulikannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemandirian Anak, Peran Guru.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 30 Apr 2021 03:25
Perubahan Terakhir: 30 Apr 2021 03:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6658

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.