Mujiati, Mujiati (2021) Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru (Studi di SMK Prisma dan SMK Pasundan I Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1 COVER MUJIATI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (171kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2 LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (628kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (488kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (505kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (537kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (500kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (201kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (305kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Mujiati, NIM : 182410091. Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru (Studi di SMK Prisma dan SMK Pasundan I Kota Serang) Pendidikan merupakan sumber daya utama yang berperan dalam maju atau mundurnya peradaban bangsa, karena pendidikan memiliki nilai yang sangat strategis dan urgen. Pendidikan perlu dibangun dan dikembangkan agar mampu menghasilkan sumber daya yang unggul sehingga meningkatkan potensi bangsa agar mampu berkiprah dalam tataran yang lebih global. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Setiap orang atau setiap individu berhak memperoleh pendidikan. Peningkatan dan pemerataan pendidikan merupakan salah satu aspek pembangunan yang mendapat prioritas utama dari pemerintah. Bidang pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam rangka terciptanya manusia yang handal dan profesional sehingga dapat meningkatkan atau menunjang percepatan pembangunan manusia seutuhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana korelasi pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesiolisme guru di SMK Prisma dan SMK Pasundan 1 di Kota Serang. Ada tiga hipotesis yang diuji 1) pelatihan berpengaruh terhadap profesionalisme guru; 2) pengalaman mengajar berpengaruh terhadap profesionalisme guru; 3) secara bersamaan, pengalaman mengajar dan pelatihan berpengaruh terhadap profesionalisme guru. Populasi penelitian adalah semua guru SMK Prisma dan SMK Pasundan yang berjumlah 65 guru dipilih sebagai sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas serta uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas. Hipotesis diuji dengan menggunakan koefisien determinasi, Goodness of fit (Uji Statistik F) dan Signifikansi Parameter Individual (Uji Statistik t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) pelatihan berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas guru ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (9,896>1,669); b) pengalaman mengajar tidak berpengaruh terhadap profesionalitas guru ditunjukan dengan nilai Fhitung < Ftabel (1,041<1,669); c) Secara bersama; Pelatihan dan Pengalaman Mengajar berpengaruh (91,3%) terhadap Profesionalisme guru selain itu disebakan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa: pelatihan berpengaruh terhadap profesionalisme guru dan bernilai kuat sedangkan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru tidak memiliki pengaruh yang signifikan (hipotesis ditolak), tetapi secara bersama-sama berkontribusi sangat kuat terhadap peningkatan profesionalisme guru.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pelatihan, Pengalaman Mengajar, Profesionalisme Guru |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 30 Apr 2021 02:35 |
Perubahan Terakhir: | 30 Apr 2021 02:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6650 |
Actions (login required)
Lihat Item |