Nurkiah, Siti (2021) Pengembangan Media Puzzle Sinonim dan Antonim Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (R&D di kelaS III MI Anwarul Hasan Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (264kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (106kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (251kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (302kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (800kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (97kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Siti Nurkiah, NIM:161240064, Judul: Pengembangan Media Puzzle Sinonim dan Antonim Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (R&D di kelaS III MI Anwarul Hasan Kabupaten Serang). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media puzzle sinonim dan antonim pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas III SD/MI. Pokok bahasan dalam metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan ( Research and Development atau R&D) yang disarankan oleh S. Thiagarajan, yaitu model pengembangan 4D dengan 4 langkah yaitu: (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengenbangan), (4) Disseminate (Penyembaran). Uji coba dilakukan secara terbatas kepada siswa kelas III MI Anwarul Hasan sebagai responden dan para validator ahli media dan materi untuk menilai kelayakan produk yaitu media pembelajaran puzzle sinonim dan antonim. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor rata-rata 5 yang memiliki persentase 100% dan skor rata-rata dari ahli materi 5 yang memiliki persentase 100% dengan itu tingkat kelayakan dapat dikategorikan “Sangat layak” begitupun penliaian dari guru kelas III MI Anwarul Hasan dengan skor rata-rata 5,27 yang memiliki persentase 99% Serta hasil penilaian uji coba produk terbatas kepada siswa kelas III Anwarul Hasan melalui angket mendapatkan skor rata-rata 4,8 yang memiliki persentase 97% dan memiliki tingkat kelayakan “sangat layak” dengan demikian media pembelajaran sinonim dan antonim pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan layak digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, Media Puzzle, Sinonim dan Antonim. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Apr 2021 03:59 |
Perubahan Terakhir: | 29 Apr 2021 03:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6614 |
Actions (login required)
Lihat Item |