Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Menggunakan metode Praktik/Latihan (PTK Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MI Nurul Falah Babakan Jaya Kec. Kopo Kab. Serang)

Arip, Arip (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Menggunakan metode Praktik/Latihan (PTK Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MI Nurul Falah Babakan Jaya Kec. Kopo Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (251kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (407kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (278kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (219kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (289kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)

Abstrak

ARIP, NIM: 1229100532, Judul Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Menggunakan metode Praktik/Latihan (PTK Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MI Nurul Falah Babakan Jaya Kec. Kopo Kab. Serang). Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan yang dialami siswa Kelas IV MI Nurul Falah Babakan Jaya Kec. Kopo Kab. Serang dalam memahami dan melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, sehingga hasil belajar siswa dalam melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih rendah. Maka dalam pembelajaran perlu metode atau model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya penerapan dengan Metode praktik/latihan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka ditentukan rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana penerapan metode praktik/latihan pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di Kelas IV MI Nurul Falah Babakan Jaya Kec. Kopo Kab. Serang ? Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MI Nurul Falah Babakan Jaya Kec. Kopo Kab. Serang dengan penggunaan metode praktik/latihan pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat? Adapun tujuan yang ingin dicapai dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Untuk mengetahui penerapan metode praktik/latihan pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di Kelas IV MI Nurul Falah Babakan Jaya Kec. Kopo Kab. Serang. Untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MI Nurul Falah Babakan Jaya Kec. Kopo Kab. Serang dengan penggunaan metode praktik/latihan pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kolaboratif dengan model PTK yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kesimpulan yang diperoleh menunjukan adanya perbaikan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan nilai aktivitas siswa dengan ketentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 80, mulai siklus I dengan persentase nilai 38,42 % dan siklus II memperoleh persentase nilai 76,38 % sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa mulai dari prasiklus 42,67 dengan persentase ketuntasan belajar 10 % atau hanya ada 3 siswa yang mengalami ketuntasan belajar, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 64,67 dengan persentase ketuntasan belajar 46,67 % atau ada 14 siswa yang mengalami ketuntasan belajar dan pada siklus II meningkat menjadi 80,66 dengan persentase ketuntasan belajar 86,67 % atau ada 26 siswa yang mengalami ketuntasan belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 03:42
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 03:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6611

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.