Terapi Menulis Ekspresif dalam Mereduksi Stres Belajar Selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Untirta

Nadia, Aisyatun (2021) Terapi Menulis Ekspresif dalam Mereduksi Stres Belajar Selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Untirta. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (350kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (345kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (135kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (285kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (266kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pandemi Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Virus yang mewabah di seluruh dunia ini telah menyerang lebih dari 300 juta jiwa dan ratusan ribu lainnya meninggal dunia. Oleh sebab itu, semua kegiatan termasuk kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah dan perkuliahan dialihkan ke pembelajaran daring yang dilakukan di rumah. Hal ini menyebabkan stres tersendiri bagi pelajar, termasuk mahasiswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana kondisi stres belajar selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Untirta? (b) Bagaimana proses terapi menulis ekspresif dalam mereduksi stres belajar selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Untirta? (c) Apa dampak terapi menulis ekspresif dalam mereduksi stres belajar selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Untirta? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Untuk menjelaskan bagaimana kondisi stres belajar selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Untirta, (b) Dapat melaksanakan terapi menulis ekspresif dalam mereduksi stres belajar selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Untirta, dan (c) Untuk mengetahui dampak terapi menulis ekspresif dalam mereduksi stres belajar selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Untirta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: Pertama, kondisi stres belajar yang dialami oleh mahasiswa Untirta dengan melihat gejala, yaitu (a) tertekan, (b) cemas, (c) kelelahan yang berlebih, (d) kesal, dan (e) koordinasi belajar kelompok tidak efektif. Kedua, hasil terapi menulis ekspresif untuk mereduksi stres belajar selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Untirta memiliki dampak yang beragam. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu (a) latar belakang jurusan masing-masing responden, (b) tingkat stres responden, dan (c) minat responden terhadap kegiatan menulis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pandemi Covid-19, Stres Belajar, Mahasiswa, Terapi Menulis Ekspresif
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Apr 2021 01:52
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 03:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6549

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.