Jutana, Muhamad (2021) Peran Tes Kepribadian STIFIN dalam Meningkatkan Kepercayan Diri Mahasiswa BKI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (138kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (416kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (437kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (272kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (319kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (326kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (144kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kepercayaan diri diartikan sebagai sebuah sikap positif yang memampukan seseorang untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri, lingkungan, maupun situasi yang dihadapi. Pada praktiknya, masih ada beberapa mahasiswa BKI yang belum memiliki kepercayaan diri dengan baik. Dalam hal ini upaya peningkatan kepercayaan diri dilakukan untuk membangun mental positif, baik secara pribadi maupun dalam aspek sosial, agar terciptanya mahasiswa Bimbingan Konseling Islam yang percaya diri, terpadu, dan dapat membantu menyelesaikan masalah dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana kepercayaan diri mahasiswa BKI sebelum melakukan tes STIFIn? 2). Bagaimana kepercayaan diri mahasiswa BKI setelah melakukan tes STIFIn? 3). Apa peran Tes STIFIn dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa BKI? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui kepercayaan diri mahasiswa BKI sebelum melakukan tes STIFIn, 2). Untuk mengetahui kepercayaan diri mahasiswa BKI setelah melakukan tes STIFIn, 3). Untuk mengetahui peran Tes STIFIn dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa BKI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan metode yang digunakan untuk pengambilan infroman adalah teknik Simple Random Sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kondisi kepercayaan diri beberapa mahasiswa BKI masih rendah, belum yakin terhadap kemampuan sendiri, mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat, dan cenderung minder karena sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kedua, peneliti menggunakan pendekatan Tes Kepribadian STIFIn untuk membantu mahasiswa BKI mengenali dirinya baik kelebihan maupun kekurangannya untuk kemudian memfokuskan diri pada bagian kelebihan-kelebihan yang di miliki. Ketiga, Tes Kepribadian STIFIn memiliki peran dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa BKI. Ada sikap-sikap positif yang terbangun seperti lebih mengenali diri sendiri, merasa lebih berharga, dan menjadi lebih fokus kepada hal-hal positif. Adapun bentuk peningkatan kepercayaan diri setiap mahasiswanya berbeda-beda. Ada yang meningkat dalam hal belajar, berkomunikasi, dan mengambil keputusan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Tes Kepribadian STIFIn, Kepercayaan Diri, Mahasiswa BKI |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 22 Apr 2021 07:40 |
Perubahan Terakhir: | 16 Apr 2024 03:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6539 |
Actions (login required)
Lihat Item |