Analisis Implementasi Manajemen Risiko Dalam Meminimalisir Klaim Pada Produk Mitra Mabrur Plus (Studi KasusPT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah Cabang Serang)

Oktaviani, Elis (2021) Analisis Implementasi Manajemen Risiko Dalam Meminimalisir Klaim Pada Produk Mitra Mabrur Plus (Studi KasusPT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah Cabang Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (340kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (293kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (322kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (207kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (287kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Elis Oktaviani, NIM: 171430038, Judul Skripsi: Analisis Implementasi Manajemen Risiko Dalam Meminimalisir Klaim Pada Produk Mitra Mabrur Plus (Studi KasusPT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah Cabang Serang) PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera cabang Serang adalah suatu perusahaan yang bergerak pada bisnis perasuransian yang sesuai dengan konsep syariah. Produk Mitra Mabrur adalah produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut yang mempunyai risiko-risiko yang tinggi. Maka dari itu penerapan manajemen risiko itu sangat penting karena dalam penerbitan polis masih ada peserta yang tidak sesuai dalam mengisi SPPA serta informasi yang diberikan masih kurang lengkap. Klaim yang terjadi sangat berpengaruh terhadap kerugian yang diterita perusahaan maupun peserta itu sendiri oleh sebab itu, perusahaan harus mempunyai penerapan manajemen risiko yang baik, karena penerapan manajemen risiko yang baik mampu meningkatkan kualitas serta dapat meminimalisir terjadinya klaim. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan manajemen risiko yang dilakukan di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang, pada produk Mitra Mabrur Plus? Dan Bagaimana upaya perusahaan dalam meminimalisir klaim pada produk Mitra Mabrur Plus Bumiputera Cabang Serang? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen risiko yang dilakukan di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Serang, pada produk Mitra Mabrur Plus dan untuk mengetahui bagaimana perusahaan dalam meminimalisir klaim pada produk Mitra Mabrur Plus Bumiputera Cabang Serang. Penelitian ini menggunakan penelitian analisis kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang orang atau prilaku yang dapat diamati. Penelitian ini merupakan penelitian laporan yaitu penelitian terhadap data primer melalui wawancara dengan kepala cabang sedangkan data skundernya diperoleh dari laporan keuangan daftar jumlah klaim yang dibayarkan PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera cabang Serang pada Produk Mitra Mabrur Plus, dari buku, jurnal, brosur, website dan internet. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah bahwasannya penerapan manajemen risiko yang dilakukan PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera cabang Serang sudah diterapkan sesuai standar oprasional management of risk, dikaitkan dengan adanya penelitian berkas-berkas baik petugas lapangan maupun petugas administrasi. Upaya dalam meminimalisir terjadinya klaim perlu adanya ketelitian petugas, mengadakan medikal chek upagar sesuai dengan fakta yang sesungguhnya, dan memilih underwriter yang baik dalam memilih calon nasabah yang ikut berasuransi. Klaim yang dibayarkan perusahaan lima tahun terakhir ini masih dalam batas aman yaitu pada tahun 2016 sebesar 758,936,901 tahun 2017 sebesar 1,239,126,426 tahun 2018 sebesar 1,347,287,938 tahun 2019 sebesar 1,379,378,380 dan tahun 2020 sebesar 607,835,398. artinya klaim yang kecil menunjukan bahwa penerapan manajemen risikonya berjalan cukup baik hal ini menunjukan bahwa penerapan manajemen risiko melalui underwriting dapat mengurangi maksimal klaim yang terjadi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Apr 2021 06:51
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2021 06:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6504

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.