Pengembangan Media Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Permulaan (R&D di Kelas I SDN Citerep)

Futihat, Siti (2021) Pengembangan Media Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Permulaan (R&D di Kelas I SDN Citerep). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (106kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (323kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (186kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (335kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (159kB)

Abstrak

Siti Futihat. 161240102, 2020. Pengembangan Media Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Permulaan (R&D di Kelas I SDN Citerep). Penelitian ini bertujuan mengembangkan media puzzle huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti menggunakan metode Research and Development menurut Robert Maribe Brach yaitu model ADDIE dengan 5 langkah diantaranya, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Citerep dengan jumlah sampel 15 siswa. Untuk mengetahui hasil validasi, peneliti menggunakan tekhnik wawancara, observasi, angket dan tes. Dari hasil uji validitas produk kepada ahli media sebelum revisi memperoleh nilai 3,64 (90,90%) dengan kriteria sangat layak, kemudian dilakukan revisi dan mendapatkan nilai 3,81 (95,45%) dengan kriteria sangat layak. Uji validitas produk kepada ahli materi sebelum revisi memperoleh nilai 3,66 (91,66%) dengan kriteria sangat layak, kemudian dilakukan tahap revisi dan memperoleh nilai 4 (100%) dengan kriteria sangat layak. Hasil pretest dan posttest menggunakan rumus N-gain memperoleh 0,75 dengan kriteria tinggi. Dari hasil yang diperoleh menunjukan bahwa media pengembangan puzzle huruf dapat digunakan sebagai media pendukung dalam belajar membaca.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media, Puzzle Huruf, Membaca Permulaan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 08 Apr 2021 08:10
Perubahan Terakhir: 08 Apr 2021 08:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6436

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.