PENGARUH MOTIVASI TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI (Studi di SMPN Karangtanjung)

SAEPULLAH, ASEP (2017) PENGARUH MOTIVASI TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI (Studi di SMPN Karangtanjung). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (36kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (127kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (115kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (736kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (560kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (124kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (RIWAYAT HIDUP)
RIWAYAT HIDUP viii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (151kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Motivasi merupakan keadaan dinamis dalam diri yang mendorong seseorang berbuat sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya. Motivasi dalam diri seseorang ada yang kuat dan ada juga yang lemah. Kuat dalam arti tidak memerlukan rangsangan (stimulus) dari luar dirinya, sebaliknya jika lemah memerlukan rangsangan (stimulus) dari luar, supaya dapat menggerakkan motivasi itu, disebut motivasi ekstrinstik. Dalam kegiatan belajar pelu adanya motivasi baik dari luar maupun dari dalam. Dari luar contohnya adalah motivasi teman sebaya, motivasi teman sebaya dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa contohnya dalam diskusi kelompok dimana terjadinya interaksi antar siswa. Minat belajar juga sangat dibutuhkan oleh siswa karena siswa yang tidak mempunyai minat dalam belajar akan mudah menyerah dalam belajar dan cenderung rendah dalam prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Seberapa besar tingkat motivasi teman sebaya. 2). Seberapa besar tingkat minat belajar siswa. 3). Seberapa besar tingkat hasil belajar PAI siswa. 4). Pengaruh motivasi teman sebaya terhadap hasil belajar siswa. 5). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa. 6) Pengaruh motivasi teman sebaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas IX SMPN Karangtanjung. Penelitian ini menggunakan metode Korelasi dan Regresi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri sekecamatan Karangtanjung sejumlah 406 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, dengan rumus Slovin diperoleh sampel sejumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilakukan pada 32 siswa kelas IX SMP Negeri Karangtanjung. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda, model persamaan regresi, uji signifikansi regresi, pengujian korelasi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan pengujian signifikansi korelasi Hasil penelitian : 1). Tingkat Motivasi Teman Sebaya berada pada kategori baik rata-rata mencapai 75 %, sedangkang untuk persentaseunya adalah 14% untuk kategori rendah, 83 % untuk kategori sedang, dan 3 % untuk kategori tinggi. 2) Tingkat Minat belajar berada pada kategori tinggi rata-rata mencapai 77 %, sedangkang untuk persentaseunya adalah 6% untuk kategori rendah, 88 % untuk kategori sedang, dan 6 % untuk kategori tinggi, 3). Tingkat Prestasi belajar PAI berpusat pada kategori tidak baik rata-rata mencapai 73 %, sedangkang untuk persentaseunya adalah 44% tuntas dan 56% belum tuntas. 4). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar PAI Kelas IX SMP Negeri Karangtanjung, jika nilai Motivasi Teman Sebaya naik satu satuan maka Prestasi Belajar PAI akan naik. Motivasi Teman Sebaya mampu mempengaruhi 17,2% perubahan pada Prestasi Belajar PAI. Hal ini menunjukkan masih ada 82,8% faktor atau variabel lain yang kemungkinan berpengaruh terhadap Prestasi Belajar PAI. 5). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI Kelas IX SMP Negeri Karangtanjung, jika nilai Minat Belajar naik satu satuan maka Prestasi Belajar PAI akan naik. Minat Belajar mampu mempengaruhi 42,9% perubahan pada Prestasi Belajar PAI. Hal ini menunjukkan masih ada 57,1% faktor atau variabel lain yang kemungkinan berpengaruh terhadap Prestasi Belajar PAI. 6). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Teman Sebaya dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar PAI IX SMP Negeri Karangtanjung. Koefisien determinasi sebesar 0,492 memberikan gambaran bahwa 49,2% perubahan pada Prestasi Belajar PAI dapat dijelaskan oleh variabel Motivasi Teman Sebaya dan Minat Belajar. Hal ini menunjukkan masih ada 50,8% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Motivasi Teman Sebaya, Minat Belajar, Prestasi Belajar PAI
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 11 Aug 2017 06:02
Perubahan Terakhir: 11 Aug 2017 06:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.