Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cibojong Kecamatan Padarincang (PTK di Kelas IV SD Negeri Cibojong Kec.Padarincang)

Syahroni, Muhamad Roni (2021) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cibojong Kecamatan Padarincang (PTK di Kelas IV SD Negeri Cibojong Kec.Padarincang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (150kB)
[img] Teks
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (228kB)
[img] Teks
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (232kB)
[img] Teks
BAB III KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (355kB)
[img] Teks
BAB IV LANDASAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (598kB)
[img] Teks
BAB V PENUTUP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (81kB)

Abstrak

Muhamad Roni Syahroni 161240109. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cibojong Kecamatan Padarincang (PTK di Kelas IV SD Negeri Cibojong Kec.Padarincang) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi tentang indahnya kebersamaan dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri di kelas IV SD Negeri Cibojong. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada siklus I masih banyak siswa yang belum aktif berbicara dan menyampaikan pendapat, serta belum terbiasa bekerjasama dalam kelompok, tetapi pada siklus II terjadi perubahan siswa menjadi lebih aktif dan tidak malu dalam berpendapat dan antusias dalam mengerjakan lembar kerja yang diberikan. Sehingga dalam proses kegiatannya, penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus (22,55), siklus I (55), siklus II (72,73). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Strategi Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPS.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 08 Apr 2021 03:08
Perubahan Terakhir: 08 Apr 2021 03:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.