Efektivitas Pengunaan Media Buku Matrik (STRIMIN) dalam Mengasah Keterampilan Menulis Siswa. (Quasi Eksperimen di Kelas I SDN Manis Jaya Kec.Jatiuwung Kota. Tangerang)

Rusdi, Auliya Imama (2021) Efektivitas Pengunaan Media Buku Matrik (STRIMIN) dalam Mengasah Keterampilan Menulis Siswa. (Quasi Eksperimen di Kelas I SDN Manis Jaya Kec.Jatiuwung Kota. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (413kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (185kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (309kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (348kB)
[img] Teks
bab v aul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (219kB)

Abstrak

Auliya Imama Rusdi, NIM : 161240068 Judul Skripsi: Efektivitas Pengunaan Media Buku Matrik (STRIMIN) dalam Mengasah Keterampilan Menulis Siswa. (Quasi Eksperimen di Kelas I SDN Manis Jaya Kec.Jatiuwung Kota. Tangerang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media buku matrik berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan menulis pada pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kelas I SD Negeri Manis Jaya di Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian non equevalent control group design. Populasi yang digunakan 52 siswa kelas I A dan I B semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 di SDN Manis Jaya Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang. Sampel yang diambil adalah kelas I A dan I B dengan jumlah masing-masing kelas 15 siswa di SDN Manis Jaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis yang diajarkan dengan menggunakan media buku matrik memperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 72.4,dan nilai yang diperoleh pada kelas control adalah 61. Hal ini membuktikan bahwa keterampilan menulis permulaan di kelas I yang diajarkan dengan menggunakan media buku matrik lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media buku matrik berpengaruh dan efektif terhadap keterampilan menulis permulaan siswa pada pelajaran bahasa Indonesia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Buku Matrik, Test Objektif Keterampilan menulis permulaan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Apr 2021 07:28
Perubahan Terakhir: 05 Apr 2021 07:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.