KHOIROH, LUTFA (2017) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK MARKETING SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG KEPANDEAN SERANG). Diploma atau S1 thesis, Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.
Abstrak
Dalam era global dan di tengah situasi serta kondisi persaingan usaha yang semakin ketat, perusahan harus merenungkan kembali prinsipprinsip dasar perusahaannya. Untuk menjadi perusahaan yang besar yang berbasis marketing syariah maka harus meperhatikan kepuasan pelanggannya. Suatu perusahaan harus merespon dan antusias untuk menghasilkan suatu produk melalui sistem pelayanan yang cukup baik dan memuaskan untuk menarik perhatian nasabah. Empat karakteristik marketing syariah yang dapat menjadi panduan bagi para pemasar yaitu: Teistis (rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqi’iyyah) dan Humanistis (al-insaniyyah). Bedasarkan latar belakang diatas, maka perumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Kepandean Serang, 2). Seberapa besar pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Kepandean Serang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Kepandean Serang, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Kepandean Serang. Penelitian ini dilaksanakan di Pegadaian Syariah Cabang Kepandean Serang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Pegadaian Syariah Cabang Kepandean Serang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Menggunakan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji realiabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear sederhana, uji t, analisis koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji t, menunjukan bahwa Karakteristik Marketing Syariah berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dilihat dari thitung lebih besar dari ttabel (10,835 > 1,985) dan hasil uji t dari Karakteristik Marketing Syariah meliputi teistis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (al-insaniyyah) yaitu: hasil uji t dari teistis (rabbaniyyah) nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,641 > 1,985, etis (akhlaqiyyah) terlihat nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,678 > 1,985, realistis (al-waqi’iyyah) nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,758 > 1,985 dan humanistis (al-insaniyyah) nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,830 > 1,985. Maka teistis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (al-insaniyyah) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Adapun hasil uji determinasi diperoleh nilai r square sebesar 0,558 maka Karakteristik Marketing Syariah yang artinya mempengaruhi Kepuasan Nasabah sebanyak 55,8% yang sisanya sebesar 44,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya diluar penelitian.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Karakteristik Marketing Syariah, Kepuasan Nasabah |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 335 Sosialisme & sistem terkait |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jul 2017 05:57 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jul 2017 05:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/639 |
Actions (login required)
Lihat Item |