Darmawan, Endang Romi Aldi Lesmana (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Uang (Kuasi Eksperimen di Kelas III SDN Pegadengan Ilir 2). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (199kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (310kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (248kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (561kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (442kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (381kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar pstaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Endang Romi Aldi Lesmana Darmawan, NIM: 161240016. Pengaruh Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Uang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui(1)Hasil belajar matematika materi uang sebelumdiberikan pembelajaran model ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assessment, Satisfaction) pada siswa kelas III SDN Pagedangan Ilir 2 Kabupaten Tangerang.(2)Hasil belajar matematika materi uang setelahdiberikan pembelajaran model ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assessment, Satisfaction) pada siswa kelas III SDN Pagedangan Ilir 2 Kabupaten Tangerang.(3)Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assessment, Satisfaction) dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung.Jenis penelitian yang digunakan adalah KuasiEksperimen, menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequalivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan Model Pembelajaran ARIAS dan variabel terikat yaitu Hasil belajar matematikaMateri uang di kelas III SDN Pagedangan Ilir 2. Teknik analisis data menggunakan t-test dua sampel independen, yaitu sebelumnya telah diketahui uji prasyaratnya. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test dua sampel independen diperoleh hasil thitung = 1,750 dan ttabel = 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Hasil dari penelitian pengaruh penggunaan Model Pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada materi Uang menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 42,34 dan rata-rata nilai posttest adalah 57,50. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 48,75 dan rata-rata nilai posttest adalah 53,04. Dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIASberpengaruh terhadap hasil belajar pda mata pelajaran matematika materi uang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran ARIAS, hasil belajar matematika. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Mar 2021 02:00 |
Perubahan Terakhir: | 29 Mar 2021 02:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6351 |
Actions (login required)
Lihat Item |