Pengaruh Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Uang (Kuasi Eksperimen di Kelas III SDN Pegadengan Ilir 2)

Darmawan, Endang Romi Aldi Lesmana (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Uang (Kuasi Eksperimen di Kelas III SDN Pegadengan Ilir 2). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (199kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (310kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (248kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (561kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (442kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (381kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar pstaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Endang Romi Aldi Lesmana Darmawan, NIM: 161240016. Pengaruh Model Pembelajaran Arias Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Uang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui(1)Hasil belajar matematika materi uang sebelumdiberikan pembelajaran model ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assessment, Satisfaction) pada siswa kelas III SDN Pagedangan Ilir 2 Kabupaten Tangerang.(2)Hasil belajar matematika materi uang setelahdiberikan pembelajaran model ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assessment, Satisfaction) pada siswa kelas III SDN Pagedangan Ilir 2 Kabupaten Tangerang.(3)Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assessment, Satisfaction) dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung.Jenis penelitian yang digunakan adalah KuasiEksperimen, menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequalivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan Model Pembelajaran ARIAS dan variabel terikat yaitu Hasil belajar matematikaMateri uang di kelas III SDN Pagedangan Ilir 2. Teknik analisis data menggunakan t-test dua sampel independen, yaitu sebelumnya telah diketahui uji prasyaratnya. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test dua sampel independen diperoleh hasil thitung = 1,750 dan ttabel = 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Hasil dari penelitian pengaruh penggunaan Model Pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada materi Uang menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 42,34 dan rata-rata nilai posttest adalah 57,50. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 48,75 dan rata-rata nilai posttest adalah 53,04. Dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIASberpengaruh terhadap hasil belajar pda mata pelajaran matematika materi uang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran ARIAS, hasil belajar matematika.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Mar 2021 02:00
Perubahan Terakhir: 29 Mar 2021 02:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.