Dampak Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja (Studi Kasus di Desa Wantisari Kecamatan Leuwidamar Lebak Banten)

Rifa'i, Dadang (2021) Dampak Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja (Studi Kasus di Desa Wantisari Kecamatan Leuwidamar Lebak Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (488kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (471kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (563kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (534kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Salah satu produk dari kemajuan teknologi adalah munculnya permainan atau game elektronik. Kenyataannya, game sekarang sering dimainkan melebihi sebatas aktivitas santai untuk banyak yang memainkannya, termasuk orang dewasa dan anak-anak muda hingga level candu. Ini adalah fenomena yang memiliki banyak pengaruh berbahaya, seperti yang telah ditunjukkan oleh studi ilmiah di seluruh dunia. Perlahan tapi pasti para remaja mulai terbiasa menghabiskan waktunya di depan smartphone. Jika hal ini terus berlanjut maka aktifitas interaksi sosial mereka akan mulai mengecil dan berkurang, bahkan mungkin secara tidak sadar mereka akan terisolasi dari dunia sosial dalam kehidupan nyata. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana fenomena game online di kalangan remaja Desa Wantisari? 2). Bagaimana dampak game online terhadap interaksi sosial remaja di Desa Wantisari? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui fenomena game online di kalangan remaja di Desa Wantisari. 2) Untuk mengetahui dampak game online terhadap interaksi sosial remaja di Desa Wantisari. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku manusia, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa game online digunakan oleh remaja untuk memenuhi kebutuhannya (Teori Uses and Grativication) yang antara lain: kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integratif personal, kebutuhan integratif sosial teman dan kebutuhan pelepasan. Namun di sisi lain game online juga memiliki pengaruh terhadap perubahan struktur interaksi sosial remaja. Karena dalam teori uses and gratification disebutkan, saat kebutuhan secara psikologis dan sosial terpenuhi, maka akan timbul harapan tertentu dari media atau sumber lain yang membawa pada pola terapan media yang berlainan dan menimbulkan kebutuhan serta akibat-akibat lain, termasuk juga yang tidak kita inginkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dampak, Game Online, Interaksi Sosial, Remaja
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2021 05:14
Perubahan Terakhir: 27 Mar 2024 07:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6197

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.