PENGARUH STRATEGI QUANTUM QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Studi di kelas VII MTs Nurul Falah Sabrang Kec. Petir Kab. Serang Banten

LOMRAH, SITI (2017) PENGARUH STRATEGI QUANTUM QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Studi di kelas VII MTs Nurul Falah Sabrang Kec. Petir Kab. Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (166kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (293kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (220kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh keterbatasan akan pemahaman atau prestasi siswa kelas VII pada mata pelajaran aqidah akhlak yang di MTs Nurul Falah Sabrang – Petir. Didasarkan pada hasil penjajagan berupa observasi, penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi didapatkan hasil belajar yang tidak cukup baik. Hal ini memberikan sebuah bagi peneliti untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan strategi pembelajaran yang diharapkan dapat memperbaiki pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan strategi Quantum Quotient. Strategi Quantum Quotient merupakan suatu strategi yang digunakan dalam suatu pembelajaran dimana yang bertujuan untuk mencerdaskan atau meningkatkan prestasi belajar siswa, terutama pada mata pelajaran akidah akhlak. Dengan strategi Quantum Quotient dapat melejitkan intelektual, emosional dan spiritual, hanya dengan sedikit usaha yaitu seperti menghafal dengan lebih cepat, berfikir kreatif, membaca dengan cepat serta berhitung dengan cepat. Strategi Quantum Quotient dapat meningkatkan rasa percayta diri siswa serta siswa dapat memiliki kesempatan unutk berpartisipasi didalam kelas. Oleh karena itu seorang guru dituntut memiliki kemampuan untuk memiliki berbagai strategi dalam pembelajaran agar siswa menjadi lebih aktif dan memiliki peningkatan berprestasi dalam belakjar, sehingga fungsi dari strategi Quantum Quotient tersebut tercapai seseuia dengan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data : Observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) hasil perhitungan variabel X, diketahui bahwa X2 hitung= 3,01 dan X2tabel =7,81, dan X2 hitung lebih kecil < dari X2tabel (2) hasil perhitungan varibel Y, di ketahui bahwa bahwa Y2 hitung=3,32 dan Y2tabel =7,81, maka dengan demikian sampel X dan Y yang diambil merupakan sampel yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (3) hasil analisis korelasi antara variabel X dengan variabel Y terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y termasuk dalam kategori sangat tinggi. dengan koefisien determinasi sebesar 96,4% sedangkan sisanya 3,6% merupakan di pengaruhi oleh faktor lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): QUANTUM QUOTIENT; PRESTASI BELAJAR SISWA
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2017 05:56
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2017 05:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.