Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop Motion Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs di MTs Al- Khairiyah Pabuaran Walantaka Serang

Fathiyyah, Indah Nur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop Motion Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs di MTs Al- Khairiyah Pabuaran Walantaka Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (445kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (341kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (296kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (425kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Indah Nur Fathiyyah. 161210070. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop Motion Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs di MTs Al- Khairiyah Pabuaran Walantaka Serang Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video stop motion pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Kegemilangan Peradaban Dinasti Ayyubiyah Di MTs Al- Khairiyah Pabuaran Walantaka Serang dan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerpannya berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan serta respon dari peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develpoment yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall yang telah diadaptasi, tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi produk awal, uji coba lapangan utama, penyempurnaan produk akhir, desiminasi dan implementasi. Uji coba dilaksanakan di MTs Al- Khairiyah Pabuaran Walantaka Serang dengan melibatkan 25 siswa kelas VIII A. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif dari data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pendidikan dan siswa guna mengetahui kelayakan penerapan media pembelajaran video stop motion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, menghasilkan produk media pembelajaran video stop motion pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs. Kedua, kelayakan video stop motion berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan skor 92,5% masuk kriteria sangat baik, ahli media dengan skor 88,8% masuk kriteria sangat baik, praktisi pendidikan dengan skor 86,3% juga masuk kriteria sangat baik dan hasil dari respon siswa terhadap media pembelajaran dengan skor 87,65% yang masuk dalam kriteria sangat baik. Dari hasil presentase tersebut media pembelajaran video stop motion memiliki kualitas sangat baik, sehingga media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pembelajaran video stop motion
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 17 Feb 2021 04:51
Perubahan Terakhir: 25 Feb 2021 03:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.