Konseling Individual Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Untuk Mengurangi Kecanduan Online Games Pada Remaja (Studi Kasus di Komplek Green Serang Madani)

Robbiha, Nida Millati (2020) Konseling Individual Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Untuk Mengurangi Kecanduan Online Games Pada Remaja (Studi Kasus di Komplek Green Serang Madani). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (44kB)
[img] Teks
2. LAMPIRN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (483kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (371kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (170kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (366kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (94kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (927kB)

Abstrak

Nama: Nida Millati Robbiha, NIM: 153400533, Judul skripsi: “Konseling Individual Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Untuk Mengurangi Kecanduan Online Games Pada Remaja Studi Kasus di Komplek Green Serang Madani”. Online games merupakan permainan digital yang terhubung dengan jaringan internet. Keberadaan online games pada awalnya bertujuan untuk sarana hiburan. Namun seiring perkembangan teknologi dan berbagai fitur yang ditawarkan di dalam online games, dapat menarik minat penggunanya yang khususnya saat ini didominasi oleh kalangan remaja dan hingga menimbulkan efek kecanduan dan ketergantungan pada online games. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1). Bagaimana kondisi remaja yang mengalami kecanduan online games ? 2). Bagaimana penerapan dan efektivitas layanan konseling individual dengan pendekatan eksistensial-humanistik untuk mengurangi kecanduan online games pada remaja ? Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mengetahui Bagaimana kondisi remaja yang mengalami kecanduan online games 2). Mengetahui penerapan dan keefektivan layanan konseling individual dengan pendekatan eksistensial-humanistik untuk mengurangi kecanduan online games pada remaja. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif dengan memperoleh data yang sesuai dengan gambaran, keadaan, realita dan fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : Dampak kecanduan yang ditimbulkan akibat kecanduan online games berupa ; perilaku impulsif, melalaikan tanggung jawab dan lupa waktu, emosi tidak stabil dan sikap boros. Bentuk penanganan yang diberikan oleh peneliti dalam mengatasi kecanduan terhadap online games yaitu dengan memberikan layanan konseling individual dengan pendekatan eksistensial-humanistik pada responden melalui tiga tahapan; tahap awal membangun hubungan dengan responden, tahap inti/kerja meliputi ekporasi masalah, prognosis dan treatment, tahap akhir evaluasi dan follow up pada responden. Hasil dari proses konseling dapat dilihat dari perubahan yang terjadi pada responden baik dalam pemikiran, sikap dan pada para responden ditemukan perubahan akan arah hidup yang lebih baik, dapat mengatur waktu dan dapat mengontrol emosi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling individual, teknik eksistensial-humanistik, kecanduan online games
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2020 07:00
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2020 07:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5871

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.