Analisis Tentang Metode Pendidikan Akhlak dalam Q.S. Yusuf Serta Implementasinya pada SMK Al-Insan Cilegon

Musyafa'ah, Musyafa'ah (2020) Analisis Tentang Metode Pendidikan Akhlak dalam Q.S. Yusuf Serta Implementasinya pada SMK Al-Insan Cilegon. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1- CAVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2- BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (865kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3- BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (333kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
4- BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (987kB)
[img] Teks
5- BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (178kB)
[img] Teks
6- BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (592kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
7- BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (251kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
9- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (240kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Musyafa’ah 182101146. Analisis Tentang Metode Pendidikan Akhlak dalam Q.S. Yusuf serta Implementasinya pada SMK Al-Insan Cilegon. Tesis Jurusan Studi Pendidikan Agama Islam Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Maulana Hasanuddin (SMH) Banten 2019. Nabi Yusuf merupakan salah satu Nabi yang memiliki kelebihan baik dari tampang wajahnya, akhlaknya dan mampu menafsirkan tabir mimpi seseorang, sehingga banyak yang menginginkan atau menggodanya mulai dari godaan wanita dan jabatan serta banyak yang memusuhinya. Nilai-nilai pendidikan akhlak Nabi Yusuf dapat dijadikan sebagai landasan dasar dalam meningkatkan keimanan, walaupun ada berbagai macam godaan-godaan. Hal ini mengandung pengertian bahwa pendidikan akhlak Nabi Yusuf dapat dijadikan sebagai salah satu landasan dasar dalam meningkatkan pendidikan akhlak. Kemudian, akhlak mengajarkan untuk selalu memiliki budi pekerti dan perilaku yang baik dalam hubungan kepada Allah atau dalam kehidupan bermasyarakat. Maka penulis terdorong untuk melakukan sebuah penelitian tentang hal tersebut untuk diteliti dan diambil pendidikan akhlak yang terkandung didalamnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Bagaimana nilai pendidikan akhlak dalam Q. S. Yusuf?, 2. Bagaimana metode pendidikan akhlak dalam Q. S. Yusuf?, 3. Bagaimanakah penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Q.S. Yusuf pada SMK Al-Insan Cilegon?, 4. Apa saja Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Pendidikan Akhlak di SMK Al-Insan? Adapun Tujuan Penelitiannya adalah: 1. Untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak dalam Q.S. Yusuf., 2. Untuk mengetahui Metode Pendidikan Akhlak dalam Q.S. Yusuf., 3. Untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan Akhlak dalam Q.S. Yusuf pada SMK Al-Insan Cilegon., 4. Untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Pendidikan Akhlak di SMK Al-Insan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research, yaitu penelitian tersebut dengan mengumpulkan data-data yang ada hubungannya dengan objek penelitian, baik yang data primer (Al-Qur’an Surat Yusuf), Skunder (terjemah dan tafsir al-Qur’an surat Yusuf ), maupun tersier (buku-buku lain yang bersangkutan dengan penelitian dicari dari sumber kepustakaan). Sedangkan dalam metode pengumpulan data adalah dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan akhlak dalam Q.S. Yusuf adalah nilai sabar, nilai ketakwaan, nilai keikhlasan, nilai keadilan, nilai kejujuran, nilai amanah dan nilai syukur, sedangkan metode pendidikan akhlak dalam Q.S. Yusuf as adalah: metode ceramah, metode nasehat, metode keteladanan, metode mengajak berfikir, metode pembiasaan, metode dialog, metode amsal, metode hukuman, metode problem solving dan metode targhib dan tarhib.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci: Metode, Pendidikan, Akhlak.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2020 08:03
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2020 08:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.