Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum di MA Raudhlatul Ulum Anyer Provinsi Banten

Sofiati, Fita (2020) Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum di MA Raudhlatul Ulum Anyer Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (453kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (246kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (476kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (192kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (341kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (172kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)

Abstrak

Fita Sofiati, NIM: 161250018, Judul Skripsi: Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum di MA Raudhlatul Ulum Anyer Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan kurikulum di Madrasah. Penelitian ini dilakukan di MA Raudhlatul Ulum Anyer. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Populasi penelitian adalah enam tenaga pendidik di MA Raudhlatul Ulum Anyer. Informan penelitian adalah Guru yang merangkap sebagai Wakil Bidang Kurikulum, Wakil Bidang Kesiswaan, Wakil Bidang SARPRAS, Wakil Bidang HUMAS, dan dua guru yang merangkap sebagai wali kelas. Instrumen penelitian peneliti pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil analisis data yang telah ditemukan dari penelitian ini sebagai berikut: peran guru dalam pengembangan kurikulum dapat terealisasi jika guru diikutsertakan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di Madrasah. Pelakasanaan pengembangan kurikulum telah dilaksanakan meskipun belum sepenuhnya terealisasikan hal demikian dikarenakan beberapa masalah yang dihadapi guru dalam menjalankan perannya. Diantaranya yaitu kurangnya kesadaran guru untuk mengembangkan kompetensi diri hususnya pada kemajuan teknologi. Disamping itu, kurangnya kesadaran dan kepekaan sumber daya manusia lainnya. Selain hambatan, tentunya terdapat faktor pendukung yaitu lingkungan madrasah yang dibangun dengan nyaman, dan kekeluargaan. Saling mendukung dan menolong antara guru-guru lainnya. Solusi permasalahan yang bisa dilkaukan diantaranya dengan meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar sesama rekan kerja, pegawai dengan atasan begitupun sebaliknya, tenaga pendidik perlu mengembangkan kompetensinya dalam mengelola dan membimbing kelas dengan menggunakan sumber belajar dan metode yang tepat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci: Guru, Peran Guru, Pengembangan Kurikulum
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Okt 2020 07:48
Perubahan Terakhir: 21 Okt 2020 07:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.