Sulistiawati, Nengsih (2017) Muhadharah sebagai Latihan Pengembangan Kemampuan Berbicara Siswa (Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DOKUMENTASI)
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (258kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (270kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (222kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (235kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (90kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Komunikasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terjadi dalam konteks tertentu, memiliki pengaruh tertentu dan terdapat kesempatan untuk melakukan umpan balik. Salah satu unsur komunikasi adalah komunikator yaitu sebagai sumber pesan. Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek yang perlu dimiliki oleh seorang komunikator apalagi jika komunikasi itu dilakukan di depan orang banyak, dalam hal ini latihan pidato siswa dianggap penting agar seorang siswa yang menjadi komunikator memiliki keterampilan dalam menyampaikan pesan kepada audiens. Dalam program kegiatan muhadharah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 siswa tampil berpidato untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Sebelum tampil siswa diberikan waktu datu minggu untuk mempersiapkan diri. Namun pada saat tampil berpidato siswa masih terlihat malu-malu dan belum percaya diri. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana model latihan berpidato siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lebak?, 2) Bagaimana penerapan model latihan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lebak?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Model latihan berpidato siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lebak, 2) Penerapan model latihan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lebak Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Model latihan pidato siswa pada program muhadharah adalah guru atau pembina berperan sebagai orang yang menentukan petugas. Pembina memberikan arahan dan saran kepada siswa yang bertugas. Siswa diberikan waktu berlatih dan mempersiapkan diri untuk tampil pidato selama satu minggu. Waktu satu minggu digunakan siswa untuk mencari dan menyusun materi. Siswa yang berpidato diberi kebebasan untuk menentukan tema yang akan disampaikan.Materi pidato merupakan materi yang disusun sendiri oleh siswa yang berpidato. Materi yang telah disusun tersebut diserahkan kepada pembina untuk diperiksa terlebih dahulu. Jenis pidato yang disampaikan adalah pidato informatif. Adapun metode yang digunakan siswa adalah metode manuskrip. Siswa melakukan latihan pidato sebelum tampil pada program kegiatan muhadharah. Siswa berlatih dengan membaca teks atau naskah pidato secara berulang-ulang. Tujuannya adalah agar siswa lancar dalam membaca materi yang ada di naskah pidato tersebut. Latihan yang dilakukan siswa adalah dengan berlatih sendiri dan ada juga yang berlatih dengan teman sekelasnya. Setelah melakukan penerapan latihan berpidato, siswa tampil berpidato pada program kegiatan muhadharah dengan lancar. Meskipun siswa tampil dengan percaya diri. Namun terdapat beberapa siswa yang diberi kesempatan untuk berpidato pada acara peringatan hari besar Islam dan acara kenaikan kelas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemmapuan Berbicara Siswa |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 30 Mei 2017 06:57 |
Perubahan Terakhir: | 26 Mar 2024 03:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/570 |
Actions (login required)
Lihat Item |