HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN METODE QIRO’ATI dan PERAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEMAMPUAN TAHSIN AL-QUR’AN SISWA (Penelitian Pada Siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang)

Hidayat, Anwar (2020) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN METODE QIRO’ATI dan PERAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEMAMPUAN TAHSIN AL-QUR’AN SISWA (Penelitian Pada Siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (161kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (618kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (388kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (542kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (457kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (498kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (231kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Anwar Hidayat, 182101137; “Hubungan Persepsi Siswa tentang Penggunaan Metode Qiro’ati dan Peran Teman Sebaya dengan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang”. Metode Qiro’ati sangat populer dalam pembelajaran di madrasah namun belum optimal dalam penerapannya khususnya kalau metode ini diterapkan dalam pembelajaran dengan teman sebaya. Adapun Rumusan Masalah yaitu; 1). Apakah terdapat hubungan persepsi siswa tentang penggunaan metode Qiro’ati dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang, 2). Apakah terdapat hubungan peran teman sebaya dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang, 3). Apakah terdapat hubungan persepsi siswa tentang penggunaan metode Qiro’ati dan peran teman sebaya dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini bertujuan; 1). Untuk Mengetahui hubungan persepsi siswa tentang penggunaan metode Qiro’ati dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang, 2). Untuk mengetahui hubungan peran teman sebaya dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang, 3). Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang penggunaan metode Qiro’ati dan peran teman sebaya dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini dilaksanakan empat Madrasah Aliyah yang berada di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang, dengan jumlah populasi secara keseluruhan yaitu 465 siswa, jumlah sampel 82 siswa dengan tekhnik pengambilan sampel cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi, dengan tekhnik pengambilan data menggunakan tes lisan dan angket. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) terdapat hubungan signifikan persepsi siswa tentang penggunaan metode Qiro’ati dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an Siswa diperoleh nilai korelasi 0,672 termasuk kategori kuat, 2) terdapat hubungan peran teman sebaya dengan dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa diperoleh nilai korelasi 0,543 termasuk kategori sedang, terdapat hubungan signifikan persepsi siswa tentang penggunaan metode Qiro’ati dan peran teman sebaya dengan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa diperoleh nilai korelasi 0,612 termasuk katergori kuat. Hasil penelitian menunjukan bahwa ; 1). Kemampuan Tahsin Al-Qur’an siswa meningkat dengan metode Qiro’ati 2). Para siswa saling membantu terhadap siswa lain yang belum lancar tahsin Al-Qur’an 3). Guru menjadi tahu bahwa metode Qiro’ati dan peran teman sebaya akan meningkatkan kemampuan tahsin Al-Qur’an

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : Penggunaan Metode Qiro’ati, Peran Teman Sebaya, Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Okt 2020 02:36
Perubahan Terakhir: 16 Okt 2020 02:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5646

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.